Tom Yam


Tom yam adalah salah satu makanan yang sangat terkenal. Kalau di Indonesia kita mengenalnya dengan "asam pedas". Saya sudah beberapa kali bikin tom yam walau ga sering, namun belum pernah diposting dikarenakan malas mau foto. Kalau mau foto masakan yang akan dijadikan menu pada pagi itu rasanya sesuatu karena semuanya serba diburu-buru. Motonya pun gitu-gitu aja dan cuma satu gaya. Harap dimaklumi ya.

Kali ini bikin tom yam karena mau ngenalin kirana dengan rasa tom yam. Kirana itu ga terlalu ngerti makan udang dan daging. Makanya saya coba udangnya dibuat tom yam. Oh ya, umumnya tom yam menggunakan udang yang masih ada kulitnya. Karena saya ga terlalu ngerti makan udang yang ada kulitnya, maka saya kupas kulitnya udang dan menyisakan ujungnya aja.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Koleksi 120 Resep Masakan Ikan. Resep ini aslinya bernama tom yam karapu karena menggunakan ikan karapu. Tapi ikan karapu saya skip dan saya hanya menggunakan udang. Jamur merang pun saya ganti dengan jamur kuping putih.

Bahan:
500 gram daging ikan kerapu, potong 2 x 4 cm (saya ga pake)
300 gram udang ukuran sedang, tinggalkan ekornya, gurat punggungnya (saya pake 700 gram udang)
250 gram jamur merang, belah 2 (saya gunakan jamur kuping putih)
3 cm lengkuas, iris tipis
3 buah serai, iris serong tipis
6 lembar daun jeruk purut, sobek-sobek
2 sdm kecap ikan
3 sdm air jeruk nipis
2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Sangrai bersama kulit, kupas, haluskan
3 siung bawang putih
5 buah bawang merah
5 buah cabai merah

Cara Membuat:
- Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak sampai harum dan matang, didihkan bersama 1 liter air.
- Masukkan semua bahan, masak sampai kuah terasa enak. Masukkan berturut-turut jamur, ikan, dan udang. Masak hingga seluruhnya matang.
- Taburi daun ketumbar segar saat dihidangkan. (saya ga pake)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar