Cake Bayam


Sudah lama kepengen nyobain bikin lagi yang namanya cake bayam. Sebelumnya saya pernah bikin cupcake bayam, pada waktu itu bayamnya ditaruh di bawah adonan. Nah.. yang kali ini saya cobain bayamnya diaduk ke dalam adonan. Ternyata seru juga. Tapi bayam dan keju ketika dikukus jadi agak turun. Bayamnya udah ga berasa bayam lagi karena teksturnya sudah sangat lembut. Jadi buat anak-anak yang ga suka sayur, bisa diakalin dengan membuat cake bayam seperti ini.


Resep diambil dari bukunya Aprilia Fadjar Pertiwi dan Arif Iasta – Yuk, Makan Bayam. Di resep aslinya berupa cupcake. Jika ingin melihat versi aslinya, silakan klik disini.

Bahan:
5 butir telur
2 kuning telur
50 gram gula pasir (saya pake 35 gram)
100 gram tepung terigu
½ sdt merica
¼ sdt pala bubuk
½ sdt bawang putih bubuk
¼ sdt garam
100 gram mentega
50 gram bayam, diiris (saya cuma ambil daunnya, tangkainya saya buang)
100 gram keju parut

Cara Membuat:
- Cairkan mentega, sisihkan
- Panaskan dandang pengukus.
- Campur tepung terigu, merica, garam, pala, dan bawang putih bubuk, aduk rata.
- Kocok telur dan gula pasir hingga putih, kental, dan berkilat. Turunkan kecepatan mikser, masukkan mentega cair lalu masukkan adonan tepung sedikit demi sedikit. (saya menggunakan spatula untuk mengaduk mentega cair dan tepung). Masukkan bayam dan keju, aduk rata.
- Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin. Kukus selama 15 menit. Air tidak boleh menetes ke dalam kue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar