Ikan Bilis Goreng


Lagi-lagi saya posting ga penting. Maaf ya buat yang ngebacanya. Siapa sih yang ga bisa ngegoreng ikan. Bahkan dengan mata yang terpejam pun menggoreng ikan bukan hal yang sulit. Saya juga ga paham kenapa saya mau-maunya ngeposting ini.

Ini ceritanya di rumah saya itu sering makan ikan bilis goreng. Kirana suka sekali dengan ikan ini. Kirana bilangnya ikan keciu *baca: ikan kecil. Harga ikan bilis ga mahal. Di pasar dekat rumah saya harga ikan bilis ini 14 ribu sekilonya. Untuk kami bertiga, ikan bilis ini bisa digoreng untuk tiga hari. Nah.. yang agak sulit dari proses ikan bilis ini adalah membersihkan perutnya, karena harus dikerjakan satu persatu. Ga sulit sih sebenarnya ngebersihkannya, tapi makan waktu aja.

Kalau saya biasanya setelah dibersihkan isi perutnya cuci bersih di air mengalir, lalu beri perasan jeruk. Boleh jeruk purut, tapi kalau di pontianak jeruk purut mahal, tiga ribu sebuahnya. Kami disini sering menggantinya dengan jeruk sambal. Biarkan selama setengah jam, lalu cuci bersih lagi. Beri garam secukupnya, aduk rata. Ambil segenggam ikan bilis, beri 1 sdm tepung terigu, aduk ke ikan. Kemudian goreng satu persatu di minyak panas sampai matang. Tiriskan. Nah.. fungsi terigu itu untuk membuat ikan bilis menjadi lebih garing. Mirip seperti menggoreng bawang goreng.

Sekian saja cerita ga penting dari saya. Terima kasih sudah mau membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar