Ubi Siram (IDFB Challenge # Kreasi Dapur Bersama Sajian Sedap)


Mari ikutan challenge dari idfb. Saya itu tiap ada challenge rasanya kok ga sah kalo ga ikut. Menang atau ga menang urusan belakangan, yang penting nampang dulu kalo udah ikutan challenge. Nah.. kali ini idfb bekerja sama dengan Sajian Sedap. Jadi kita bisa mempraktekan resep yang ada di websitenya sajian sedap atau donlod majalah sedap di play store. Karena saya ga punya kartu kredit buat uplod berbayar di play store, jadi saya mempraktekan resep yang ada di website sajian sedap, gratis soalnya.

Pilihan kali ini jatuh ke ubi siram. Ubi siram ini dikenal di Sulawesi Tengah. Saya ini memang bukan pecinta ubi, yang suka ubi itu Ayah Kirana. Saya cuma doyan bikin makanan yang dari ubi. Tapi klo makannya sepotong udah cukup buat saya. Sama dengan ubi siram ini saya buatkan untuk Ayah Kirana dan Kirana. Kirana itu suka ubi lo. Oh ya, kalau di tempat lain ubi ini disebut singkong. Tapi kalau di Pontianak kami menyebutnya ubi kayu.


Resep diambil dari Sajian Sedap. Satu resep ini hasilnya ga banyak. Semua yang difoto itulah hasil satu resep ini.

Bahan:
250 gram ubi kayu, dikupas
1/4 sendok teh garam
1 putih telur, dikocok lepas
1 kuning telur, dikocok lepas
minyak untuk menggoreng

Bahan Saus:
150 gram gula merah
1/8 sendok teh vanili bubuk
50 ml air

Cara Pengolahan :
- Kukus ubi kayu sampai empuk lalu ditumbuk halus. Masukkan garam dan putih telur. Aduk rata. Bentuk bola-bola. (saya haluskan pakai chopper)
- Celup ke kuning telur. Goreng sampai matang.
- Masak gula merah, vanili bubuk, dan air sambil diaduk sampai kental. Siram ke atas bola-bola ubi.

8 komentar:

  1. aku baru besok mau bikin mbak hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa tahu kali ini kita yang menang ya mba..

      Hapus
  2. salah satu olahan ubi kayu yang enak dari Pontianak adalah "bom" semacam korket, tapi isi ubinya hanya dibalut dengan tepung terigu yg dicairkan. makan bom ini enaknya dengan sambal bawang putih dikasi jeruk limau. ye kan mbak? salam kenal ye mbak, sy jg org Pontianak tp skrg merantau ke kaltim. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba amelia. Bom namanya. Karena bentuknya seperti bom. Terima kasih sudah mampir ya...

      Hapus
    2. sama2 mbak. mampir juga ke blog saya ya mbak, yang blogaramelia.blogspot makasih :)

      Hapus
    3. Blognya sudah saya ikuti ya Mba. Terima kasih banyak.

      Hapus
  3. Halo mba Rikaaaaa......comot satu ya mba ubi siramnyaaaa....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mari kesini Mba Wulan. Kita makan sama-sama.

      Hapus