Shepherd’s Pie (KB#2)

 
Tema PR di Kichen Blog kali ini adalah Casserole. Ada yang mengatakan wadah yang digunakan itu sebagai casserole (kalau di Indonesia kita bilangnya pinggan tahan panas). Ada juga yang mengatakan hidangannya itu sebagai casserole. Casserole juga identik sebagai makanan yang mudah untuk disiapkan. Jadi bikin bisa beberapa waktu sebelumnya, dimasukkan ke kulkas, kemudian ketika mau dimakan, baru dipanggang di dalam oven.

Untuk kali ini saya buat shepherd's pie. Saya bikin malam, kemudian wadah tahan panasnya saya wrapping dengan plastik putih, kemudian simpan di kulkas. Subuh keesokan harinya saya keluarkan dari kulkas, ketika sudah suhu ruang, baru saya panggang di dalam oven. Bikin sarapan pun menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Satu mangkuk pun sudah terasa sangat kenyang.

Ternyata shepherd’s pie itu rasanya manis. Pernah mencoba? Rasa manis didapat dari bawang bombay yang melimpah dan wortel yang cukup banyak. Jadi daging pun terasa manis.


Resep diambil dari bukunya Pungky Prakoso – Pai. Satu resep bias menghasilkan 4 buah remakin bulat ukuran 8 cm

Bahan Isian:
2 sdm minyak goring untuk menumis
3 buah bawang bombay, cincang (saya gunakan 2 buah bawang bombay ukuran besar)
2 buah wortel, potong dadu ½ cm
250 gram daging cincang (saya pakai daging giling)
1 blok kaldu sapi, larutkan dalam 50 ml air
2 sdm kecap inggris (saya pakai kecap asin)
1 sdm mustard (saya ga pake)
Garam dan merica secukupnya
1 sdm terigu
6 batang seledri, cincang halus
1 buah kuning telur, kocok

Bahan Pie:
50 gram mentega tawar (saya pake margarin)
1/2 sdt garam (karena pake margarin jadi saya tidak tambah garam lagi)
12 gram keju parut
1 butir kuning telur
90 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
1 sdm air
 
Cara Membuat:
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay sampai harum dan layu. Masukkan wortel, tumis sebentar. Masukkan daging cincang, tumis sampai berubah warna, masukkan kaldu blok yang telah dilarutkan, kecap inggris, mustard, garam, dan merica. Aduk rata.
- Tambahkan terigu, aduk rata sampai tumisan kental. Angkat. Masukkan seledri cincang, aduk rata. Tuang tumisan ke dalam loyang pai, ratakan.
- Kulit, aduk rata bahan kulit. Dinginkan 20 menit dalam lemari es.
- Gilas adonan kulit setebal 5 mm, tutup loyang dengan sebagian adonan kulit. Olesi dengan kuning telur kocok. Panggang selama 45-60 menit dengan suhu 200 C sampai pai matang dan kulit berwarna cokelat kekuningan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar