Pastel Tuna


Pernah cobain sensasi ikan tuna di dalam pastel? Kalau belum pernah coba, wajib coba. Ternyata enak pake banget. Selama ini yang umum digunakan untuk isian pastel adalah daging sapi. Ketika diganti menjadi tuna malah ada sensasi yang berbeda ketika memakannya.

Awalnya saya mau bikin pastel yang bentuknya bulat terus diulir tepi-tepinya. Ternyata sulit ya..atau saya aja yang belum pandai bikinnya, sering bocor isiannya.

Resep saya ambil dari selebaran Tepung Kompas. Satu resep ini bisa dapet 13 buah pastel seukuran 8 cm.

Bahan Kulit:
225 gram tepung terigu
50 gram telur (1 buah telur ukuran sedang)
45 gram mentega / margarin
3 gram garam (1 sdt)
50 ml air
10 gram daun seledri (potong kecil dan halus)

Bahan Isian:
125 gram bawang bombay (saya pakai 1 buah ukuran besar)
25 gram bawang putih
1 buah wortel, potong memanjang
5 cc minyak untuk menumis (sekitar 2 sdm)
1 batang jahe, dimemarkan (saya gunakan 2 cm)
200 gram ikan tuna (saya gunakan yang kalengan)
3 gram merica
3 gram garam

Cara Membuat:
- Kulit: campur semua bahan, tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis, istirahatkan adonan setelah itu dapat ditipiskan.
- Isian: tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, lalu masukkan wortel yang sudah direbus. (kalau saya, wortel tidak saya rebus)
- Masukkan ikan tuna, garam, dan merica. Aduk perlahan agar ikan tuna tidak hancur.
- Kulit dan isian siap dipakai, tipiskan adonan kulit (3 mm), cetak bulat dengan cetakan berbentuk bulat (ring), lalu isi dengan isian.
- Tutup kembali, tekan pinggirannya dengan garpu agar membentuk biku-biku.
- Goreng dengan minyak panas hingga kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar