Semur Frikadel


Pernah mencoba semur frikadel? Buat saya daging cincang yang diolah apa aja itu pasti enak dan mantap. Seperti juga yang satu ini.

Semur frikadel ini aslinya pake telur puyuh. Karena saya mau supaya lebih hemat, jadi saya ganti telur puyuh dengan telur ayam yang ukurannya kecil. Satu resep ini bisa dapet 7 bulatan jika menggunakan telur ayam. Tapi lapisan daging gilingnya ga bisa terlalu tebal. Kalau pake telur puyuh bisa tebal lapisan dagingnya. Lain kali saya akan coba pakai telur puyuh.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga – Koleksi 120 Resep Makanan Sapi

Bahan Frikadel:
300 gram daging cincang
2 potong roti tawar, rendam, peras
1 butir putih telur
1 sdm bawang goreng dihaluskan
¼ sdt merica bubuk
¼ sdt pala bubuk
¼ sdt garam
10 butir telur puyuh rebus, kupas (saya gunakan 7 buah telur ayam ukuran kecil)
3 sdm tepung terigu

Saus:
4 sdm kecap manis
1 buah bawang bombai, iris tipis
2 buah tomat potong-potong
1 sdt kaldu bubuk sapi
½ sdt merica bubuk
¼ sdt pala bubuk
1 sdt garam
1 sdt gula

Cara Membuat:
- Kecuali tepung terigu, aduk rata daging cincang dengan semua bahan. Bulatkan menjadi 10 buah, diisi dengan telur puyuh. Gulingkan satu per satu dalam tepung terigu, goreng dengan margarine atau minyak hingga kecoklatan, sisihkan.
- Saring sisa margarine untuk menumis bawang bombai hingga layu, masukkan tomat dan kecap. Aduk sampai agak mendidih, masukkan 750 ml air, bumbu dan bulatan daging telur. Angkat sesudah mendidih kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar