American Brownies (NCC Brownies Week)


Alhamdulillah masih bisa setor NCC Brownies Week. Ini setoran ketiga saya. Jangan bosan ya para host manis legit.

Kali ini saya bikin american brownies. Brownies ala amerika gitu kali ya. Yang khas dari american brownies adalah penambahan kacang di dalam adonan brownies. Bikin brownies ini pun mudah dan tanpa mixer. Bagi yang di rumahnya belum punya mixer, bisa cobain brownies ini. Asal di rumahnya ada oven dan timbangan kue, pasti american brownies ini bisa dibuat. Eh iya lupa, harus ada bahan kuenya juga ya...

American brownies ini benar-benar enak. Buat pecinta cake cokelat, saya sangat rekomendasikan untuk dicoba. Harumnya brownies panggang dapet banget di cake ini. Benar-benar bau cokelat. Padahal cokelat masak yang dipake ga terlalu banyak, tapi harumnya sungguh menggoda untuk dicicipi.


Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Brownies. Di resep asli itu pakai gulanya sangat banyak. Saya potong takaran gula hampir setengahnya saja masih terasa manis cakenya.

Bahan:
225 gram mentega / margarin
1 sdt esens vanili (saya pakai vanila bubuk)
350 gram gula pasir halus (saya pakai 200 gram)
4 butir telur
100 gram tepung terigu, ayak
1/2 sdt baking powder
75 gram dark cooking chocolate
100 gram kacang walnut / mete panggang, cincang. (saya sangrai kemudian dibagi dua bagian. Satu bagian untuk dimasukan ke dalam adonan, sisanya untuk toping)

Cara Membuat:
- Panaskan oven 180 C. Olesi loyang 28x18x4 cm dengan margarin. (saya pakai loyang 10x30x4 cm)
- Tempatkan mentega dan cooking chocolate dalam mangkuk, lalu tempatkan mangkuk tersebut dalam mangkuk lebih besar berisi air. Masak di atas api kecil, sambil diaduk-aduk hingga leleh. Angkat, dinginkan.
- Masukkan gula ke dalam wadah berisi cokelat. Lalu telur satu per satu, kocok setiap kali. (saya kocok dengan whisk)
- Pelan-pelan masukkan tepung terigu, vanili, dan kacang. Tuang ke loyang yang telah diolesi mentega. Taburi atasnya dengan kacang cincang. Panggang selama kurleb 50 menit.
- Dinginkan, potong-potong.

4 komentar:

  1. sudah boleh dipostingkah mbak, meski belum dapat badge?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mba ivon. Saya sudah dapat badge dari setoran yang pertama.

      Hapus
  2. The real brownis ya mba rika :) hummm aworth to try ni :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Asri.
      Yup betul sekali. Brownies yang benar-benar brownies yang kayak gini nih. Silakan dicoba, pasti ketagihan. Hahaha....
      Terima kasih banyak sudah mampir disini ya. Seneng deh Mba Asri mampir kemari.

      Hapus