Bubur Jagung


Ini pertama kali saya cobain bikin bubur jagung. Saya sering makan bubur jagung, tapi belum pernah bikin sendiri. Seringnya dibikinin sama Tante Ango. Bubur jagung ini mengingatkan diriku padamu Tante. Tapi kalau Tante Ango bikin bubur jagung, jagungnya diparut. Yang saya bikin ini jagungnya ada yang dipipil dan juga ada yang diblender.

Tantangan sekali buat saya untuk memfoto objek yang basah seperti ini. Sulit sekali untuk mendapatkan titik objek. Berkali-kali ambil gambar, selalu blur. Hmm masih harus banyak belajar untuk memfoto objek-objek yang seperti ini.

Resep saya ambil dari bukunya Ibu Sisca Soewitomo – 35 Resep Pilihan Kolak dan Es Campur : Sajian Saat Ramadhan

Bahan:
200 gram gula pasir
750 ml air
¼ sdt garam
2 lembar daun pandan
400 gram jagung manis pipilan
250 gram jagung manis, blender
2 sdm tepung beras, larutkan dengan sedikit air

Saus Santan:

500 ml santan dari 1 butir kelapa
¼ sdt garam
2 sdt tepung maizena
1 lembar daun pandan

Cara Membuat:
- Masak gula pasir bersama air, garam, dan daun pandan, setelah mendidih masukkan jagung manis pipilan dam jagung manis halus, kentalkan dengan larutan tepung beras, setelah mengental, angkat.
- Saus santan: campur santan dengan garam dan tepung maizena, aduk rata, tambahkan daun pandan dan masak hingga mengental, angkat.
- Siapkan mangkuk, tuangkan bubur jagung, tambahkan kuah santan. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar