Lamington Cake (LBT#34)


Kali ini LBT ada PR lagi yaitu Lamington Cake. Lamington cake ini saya bikin sekalian untuk ulang tahun Kirana Agni Margana yang ke 3 pada tanggal 1 Oktober lalu. Seperti biasa, tidak ada perayaan khusus. Hanya cake sederhana ini yang saya buat.

Lamington cake itu identik dengan Australia. Menurut cerita, lamington cake ini awalnya dibuat oleh asisten dapur Gubenur Lamington di Queensland Australia pada tahun 1901. Tapi ada cerita lain jika kue ini dibuat oleh seorang koki bernama Amy Shauer untuk seorang wanita bernama Lady Lamington.

Awalnya saya kira lamington cake itu cake kotak yang dipotong-potong "one bite" kemudian dilapis coklat dan ditaburi kelapa kering. Ketika Mba Isna memberikan draft untuk logo PR kali ini saya baru tahu ternyata lamington cake itu ada yang berbentuk cake bulat besar, dilapis coklat, baru ditaburi kelapa kering. Makanya untuk lamington cake saya juga uji coba dengan bentuk bulat.


Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Bolu dan Cake. Resep asli bernama Lamingtons Coconut Cake. Resep aslinya berwarna coklat, tapi karena saya lagi ga ada stok cokelat bubuk, jadi saya ganti susu bubuk dan kuenya pun berwarna kuning. Saya pakai loyang bulat diameter 20 cm tinggi 7 cm. Karena cakenya agak tinggi jadi cake saya belah 2 dan saya olesi selai blueberi. Rupanya motongnya ga sama tinggi. Coba lihat di foto bawah hasil potongannya ga rata.

Bahan:
225 gram mentega
200 gram gula pasir
4 butir telur

Campur dan Ayak:
35 gram cokelat bubuk (saya pakai susu bubuk)
1/2 sdt soda kue
175 gram tepung terigu

Lapisan:
Buttercream secukupnya + 100 gram dark cooking chocolate, dilelehkan (saya ganti dengan 50 ml susu cair dihangatkan kemudian masukan potongan dcc, matikan api, aduk hingga tercampur rata)
100 gram kelapa parut kering siap beli

Cara Membuat:
- Siapkan loyang 22 x 22 x 3 cm. Beri alas kertas roti, oles margarin. Pasang oven 150 C. Kocok mentega dan gula pasir hingga pucat, masukkan telur satu persatu hingga tercampur rata sambil terus dikocok. Masukkan campuran tepung terigu cokelat secara bertahap, aduk rata, tuang ke loyang, ratakan. Panggang hingga matang kurleb 35 menit. Keluarkan dari loyang dan dinginkan.
- Penyelesaian: potong cake ukuran 3 x 3 cm (saya biarkan utuh), oleskan buttercream cokelat, taburkan kelapa parut kering, masukkan sebentar ke dalam lemari pendingin hingga kelapa menempel sempurna dan cokelat membeku.

2 komentar: