Brownies Ubi Ungu (YKMK#6)


Kali ini di YKMK ada tantangan baru yaitu "Kreasi Cake bersama ChefMate".

Karena di Pontianak cuma ada cokelat chefmate yang putih. Mari kita berdayakan menjadi cake. Oh ya cerita mengenai chefmate, di Pontianak itu cuma ada satu toko yang menjual chefmate. Sebenarnya di toko tersebut ada menjual yang dark dan white, tapi karena yang dark kondisi cokelatnya udah ga bagus (kemasannya banyak lubang seperti dilubangi semut), jadi saya cuma beli yang white.


Kali ini saya mencoba membuat brownies ubi ungu. Saya punya stok ubi ungu yang sudah entah berapa lama saya simpan di freezer. Jadi waktu beli itu, ubi ungunya saya kukus dan cuma saya haluskan menggunaan chopper, lalu saya simpan di freezer. Rencana awal waktu beli ubi ungu mo buat macem-macem pake si ubi ungu, tapi apa daya si ubi ungu malah lama nganggur. Ubi ungu itu teksturnya tidak lembut, jadi kalau untuk bikin kue, harusnya dihaluskan menggunakan blender dan diberi sedikit air. Kalau pakai chopper, hasil ubinya akan bergerindil karena chopper kan tidak menggunakan air, cuma ubi saja. Biasanya ubi ungu yang sudah saya chopper saya haluskan lagi menggunakan blender, tapi karena ngebayangin bahwa cakenya bakalan lucu kali ya kalau ada totolan warna ungu, maka ubi ungunya tidak saya haluskan lagi.


Seperti inilah tekstur brownies bertotol ubi ungu. Lucu juga ya... Oh ya karena ubi ungunya tidak dihaluskan, jadi warnanya ga ungu. Warna aslinya yang kuning itu yang menjadi lapisan di atas, sedangkan lapisan warna ungu, saya tambahkan pewarna ungu. Kalau menggunakan ubi ungu yang diblender tanpa pewarna ungu pun hanya akan berwarna ungu muda saja.


Resep diambil dari bukunya Dapoer Elisa - Cake Tanpa Oven : 30 Variasi Cake Kukus - Panggang

Bahan:
150 gram cokelat masak putih, cincang
75 gram margarin
75 ml minyak goreng
50 ml susu kental manis
6 butir telur ayam
150 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
150 gram tepung terigu protein sedang
150 gram ubi manis ungu, kukus, haluskan
Pewarna ungu secukupnya

Cara Membuat:
- Panaskan dandang, beri serbet pada tutupnya, olesi margarin pada loyang, alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin. Sisihkan.
- Cairkan margarin, tambahkan cokelat masak cincang, aduk hingga cokelat lumer dan tercampur rata. Tambahkan minyak goreng dan susu kental manis. Aduk rata
- Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier hingga mengembang. Tambah tepung terigu dan ubi ungu, aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan campuran margarin, aduk lipat menggunakan spatula.
- Tuang 1/2 adonan ke dalam loyang, kukus selama 10 menit. Sisa adonan diberi pewarna ungu, aduk rata. Tuang ke dalam loyang, kukus lagi selama 20 menit hingga matang.
- Setelah matang, dinginkan kue di rak pendingin.

4 komentar: