Brownis Kukus Putih Telur


Ingin memanfaatkan sisa putih telur yang cukup banyak? Ini salah satu solusinya. Sisa putih telur bisa dibikin brownis. Rasa dan tekstur mirip dengan brownis yang menggunakan telur utuh. Rasa tentu saja sangat nyoklat. Tekstur kue pun lembut, tidak seperti kue putih telur lainnya yang keras. Berani mencoba?

Saya tidak menggunakan telur segar, maksudnya putih telurnya itu sudah saya ada di kulkas saya selama 8 hari. Baru sempat dibikin. Selama telur tidak berbau, putih telur masih oke jika digunakan. Jadi saya bikin brownis ini tadi pagi, nah.. malam sebelumnya, putih telur sudah saya keluarkan dari kulkas, saya timbang, sisanya masuk lagi ke kulkas biar ga rusak. Paginya baru saya bikin brownis. Kalau mau disimpan lebih lama, putih telur juga bisa dibekukan di freezer.

Resep saya ambil dari Tabloid Saji Edisi 285

Bahan:
250 gram putih telur
1/4 sdt garam
1 sdt emulsifier
125 gram gula pasir
75 gram tepung terigu protein sedang
30 gram cokelat bubuk
1/2 sdt baking powder
75 gram margarin
75 gram cokelat masak pekat, dipotong-potong
1 sdt cokelat pasta (saya ga pake)
1 sdm susu cair (saya ganti air)

Cara Membuat:
- Panaskan margarin. Matikan api. Tambahkan potongan cokelat masak pekat. Aduk sampai cokelat larut. Masukkan cokelat pasta. Aduk rata. Sisihkan.
- Kocok putih telur, garam, emulsifier setengah mengembang. Masukkan gula. Kocok sampai mengembang.
- Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
- Masukkan campuran margarin dan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
- Tuang adonan ke dalam loyang 26 x 26 x 3 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti (saya pakai loyang 20 x 20 x 6 cm)
- Kukus di atas api sedang 20 menit sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar