Mangkuk Kentang


Ini adalah camilan proyek saya tadi pagi. Karena di rumah lagi senang snack asin jadi saya putuskan untuk membuat mangkuk kentang. Mangkuk kentang ini mirip seperti kentangnya pastel tutup. Enak? Sudah tentu. Buat yang ngebakul kue pun bisa jadi salah satu alternatif untuk snack box dengan dibuatkan ukuran yang lebih kecil.

Kalau mau lebih cantik, harusnya adonan kentang dispuit ke dalam cup (biar seperti di gambar tabloid) dan bagian atasnya berulir-ulir. Nah.. karena saya ini males, jadi kentang saya bentuk bulatan, lalu dimasukkan ke dalam cup kertas lalu tekan-tekan dengan punggung sendok biar rata dan padat.


Resep saya ambil dari Tabloid Cek dan Ricek Edisi 309. Di resep ini sosisnya hanya ditaruh sebagai pemanis di atas kentang. Karena saya baca resepnya terburu-buru, jadi saya masukkan sosis ke dalam kentang. Karena di atasnya cuma polos dan jadi kurang menarik, maka saya tambahkan irisan daun seledri.

Bahan:
250 gram kentang
100 gram keju parut
50 gram sosis
1 butir kuning telur ayam
1 sdm tepung maizena
Garam secukupnya
Merica secukupnya

Cara Membuat:
- Kukus kentang sampai matang. Angkat, kupas, dan haluskan. Sisihkan.
- Campur kuning telur, keju, maizena, garam, dan merica ke dalam kentang. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Masukkan dalam mangkuk kertas kecil. Letakkan di atasnya irisan sosis. Lakukan hingga adonan habis.
- Panggang dalam oven dengan api sedang hingga matang. Angkat. Sajikan selagi hangat.

2 komentar: