Stained Glass Cookies (IDFB#16)


Kali ini tantangan di idfb yang ke 16 adalah kue kering cookies. Hmm lebaran sudah berlalu, kue kering yang kemaren dibuat untuk lebaran juga sudah diposting duluan. Mari kita membuat kukis lagi.

Pilihan untuk tantangan kali ini adalah stained glass cookies. Kukis yang tengahnya dibolongin lalu diberi permen fox. Ketika dipanggang, permen tersebut akan mencair dan mengikuti besarnya lubang yang kita buat. Harusnya kukis ini dibuat tipis supaya cantik. Mungkin sekitar 3 mm, nah yang saya bikin ini saya gilingnya sekitar 5 mm. Alhasil kukis terlalu tebal dan permen di tengahnya terlihat tipis. Saya memanggangnya pun sepertinya overbake. Kukisnya jadi agak coklat walau permennya masih belum hangus. Saran saya, karena kukis ini tipis, memanggangnya hanya sebentar saja sehingga kukis tetap putih dan warna permen masih bagus. Jika overbake, permen akan terkaramel dan menjadi hangus sehingga rasa permen akan pahit. Ketika memanggang pun saran saya, bagian bawah loyang jangan diolesi dan diberi alas apapun. Setelah kukis matang, jangan langsung memindahkan kukis langsung ke rak pendingin. Pada saat ini, bagian tengahnya masih cair dan sulit untuk dilepaskan. Ketika loyang dalam keadaan hangat, goyang-goyangkan loyang seperti kalau kita mau melepaskan es batu dari cetakan es batu. Ketika digoyang ke kanan dan kiri, maka kukis beserta permen di tengahnya akan ikut terlepas dengan sendirinya.


Resep saya contek dari Kak Sonia - Nasi Lemak Lover. Buatan Kak Sonia cakep sekali. Jauh dengan buatan saya. Permennya terlihat benar-benar "berkilau". Saya ga tahu apa mungkin perbedaan permen yang digunakan sehingga warnanya pun beda. Saya menggunakan permen fox yang kemasan plastik yang isinya berbentuk bulat. Fox yang bulat ini warnanya lebih gelap dibandingkan dengan permen fox yang bentuknya persegi (yang di dalam kemasan kaleng). Fox kalengan warna permennya lebih bening. Ketika diaplikasikan ke cookies pun akan lebih cuantek hasilnya karena lebih bening. Saya menggunakan cutter 5 cm untuk bagian luar dan 3 cm untuk bagian dalam. Saya menggunakan 1/2 bagian permen untuk di tengahnya. Memotong permen bisa dengan menggunakan pisau dapur biasa. Ketika dipotong, tekan dengan agak keras, tahan kedua sisi permen supaya permennya ga "lompat" ketika dipotong.

Bahan:
200 gram mentega tawar
110 gram gula kastor (saya gunakan gula bubuk)
2 sdt air perasan lemon
324 gram tepung terigu protein sedang
24 gram tepung maizena
1/2 sdt baking soda (saya ga pake)
Permen fox secukupnya

Cara Membuat:
- Ayak tepung terigu, tepung maizena, dan baking soda. Sisihkan.
- Kocok mentega dan gula sampai tercampur rata.
- Tambahkan air perasan lemon dan campuran tepung, aduk rata dengan spatula.
- Giling adonan setebal 4 mm, taruh di dalam kulkas.
- Bentuk adonan kukis sesuai selera. Tarus kukis di dalam loyang. Bolongkan bagian tengah kukis dengan menggunakan cutter yang lebih kecil. Taruh potongan permen di bagian tengah kukis yang sudah bolong.
- Panggang dengan suhu 160 C selama 10 menit.

2 komentar:

  1. Kereenn bangettt.... aku baru tau ada kukis ini :D...
    Makasih udah ikutann yaaa.....

    Salam
    Elsye

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk idfb memang harus selalu bikin yang keren mba Elsye.

      Terima kasih sudah mampir ya.

      Hapus