Chicken Karaage


Ini adalah chicken karaage perdana saya. Bikin chicken karaage ini pun gara-gara ke undangan yang menyajikan chicken karaage dan rupanya Kirana suka. Akhirnya saya coba-coba bikin. Masih belum sempurna sih. Harusnya besar tiap potongan kan sama. Tapi saya memotongnya ada yang besar dan ada yang kecil.

Resep saya ambil dari bukunya Kingyo Izakaya dan Koji Zenimaru - Vancouver Cooks 2. Kalau menurut buku, ini adalah resep tradisional dari chicken karaage. Memang minimalis sekali bumbunya. Setahu saya masakan dari Asia Timur biasanya memang minim bumbu. Hmm beda rasanya dengan chicken karaage kemasan. Mungkin chicken karaage kemasan yang siap goreng itu disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Bahan:
1 sdm + 1 sdt sake (saya ganti jeruk lemon karena sake haram)
2 sdt kecap asin
3/4 sdt bawang putih, iris
3/4 sdt jahe, iris
1 sdt powdered fish broth (saya ga ada, saya ganti dengan kaldu ayam)
Shicmi togarashi secukupnya (saya ga pake)
1,5 lbs daging ayam tanpa tulang, buang kulitnya, potong dadu sebesar 2,5 cm (saya gunakan 750 gram)
Minyak sayur yang banyak untuk menggoreng
1/2 cup tepung kentang
Potongan lemon untuk garnish (saya ga pake)
Pasley cincang untuk garnish (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Buat marinade dengan mencampurkan sake, kecap asin, bawang putih, jahe, powdered fish broth, dan shicmi togarashi di dalam mangkuk. Masukkan ayam ke dalam campuran marinade, tutup mangkuk dengan plastik wrap, simpan di dalam kulkas selama 10 menit. (saya simpan selama 4 jam biar lebih meresap)
- Masukkan minyak ke dalam wajan hingga setengah bagian wajan. Panaskan dengan suhu 350 F (175 C). Letakkan tepung kentang di mangkuk. Masukkan ayam yang sudah dimarinade tadi ke dalam tepung kentang, lumuri seluruh ayam dengan tepung kentang dengan cara menggoyang-goyangkan mangkuk. Goreng ayam selama 5 menit hingga kuning keemasan. Angkat dari wajan, tiriskan.
- Susun potongan ayam ke dalam piring saji, beri garnis potongan lemon, parsley dan shicmi togarashi.

1 komentar: