Cheese Streusel Cookies


Edisi kue lebaran idul fitri kesembilan. Saking lamanya off ngeblog dikarenakan lebaran sehingga ini pun masih edisi lebaran juga.

Kali ini bikin kue keju lagi. Pilihannya jatuh ke cheese streusel cookies. Streusel itu nama lainnya adalah crumb. Streusel itu adalah butiran-butiran yang dibuat dari tepung terigu dan mentega. Streusel itu juga bisa diaplikasikan ke roti juga sebagai topping. Ke brownies atau cake juga bisa.

Saya baru kali ini tahu ternyata bisa diaplikasikan ke cookies. Mungkin kalau untuk cookies di bagian permukaan cookies bisa diolesi putih telur atau kuning telur baru ditaburi dengan streusel. Yang saya buat ini, permukaan cookiesnya tidak diolesi apapun (sesuai resep). Jadi streuselnya pada berlepasan.

Di resep itu pake sistem potong. Jadi taburi bagian atas cookies dengan streusel baru potong membentuk segitiga. Karena saya ga pede untuk potong memotong, jadi yang saya bikin ini saya pakein cutter segitiga, baru taburi streusel.

Resep diambil dari belakang kemasan Blueband Cake and Cookies. Saya bikin 1 resep streusel bisa diaplikasikan ke 2 resep cookies.

Bahan:
100 gram margarin (saya campur margarin dan mentega)
25 gram gula halus
2 butir kuning telur
50 gram keju parut
20 gram susu bubuk
150 gram tepung terigu protein rendah
10 gram tepung maizena
1/2 sdt baking powder

Bahan Streusel:
25 gram margarin
50 gram tepung terigu
2 sdm keju edam parut (saya gunakan cheddar)

Cara Memasak:
- Kocok mentega dan gula selama 2 menit, tambahkan kuning telur, aduk sampai merata.
- Tambahkan campuran tepung terigu, susu, maizena, dan baking powder. Aduk sampai merata.
- Roll adonan sampai setebal 3mm.
- Untuk pembuatan Streusel: campurkan margarin, tepung, dan keju sampai menjadi butiran kasar. Taburkan diatas adonan.
- Potong adonan berbentuk segitiga. Susun diatas loyang, panggang dalam oven dengan panas 170 C hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar