Blueberry Sagu


Edisi kue lebaran idul fitri kedelapan.

Hihihi.. masih ngupload kue lebaran ini ceritanya. Kue lebarannya belum sempat keuplod semua, keburu lebaran pula. Jadi di hari lebaran ini saya mengucapkan Happy Eid Mubarak. Maafkan salah kata dan khilaf saya ya.

Bikin kukis ini gara-gara Mba Anjas cerita klo resep blueberry sagu yang ada di dusnya cornflakes enak, jadi saya kepengen juga untuk bikin. Selama ini tepung sagu palingan cuma dibikin sagu keju. Nah.. ini cara lain menikmati kue dari sagu, yaitu dengan menambahkan cornflake dan selai blueberry.

Yang agak tricky buat saya itu ketika mau bikin bulatan dan memberikan tambahan adonan di tengahnya ternyata agak sulit. Jadi saya membentuk bulatan dari tengah lalu keluar, kemudian taburi dengan cornflakes, baru pencet bagian tengahnya dengan jari, kasi selai deh di tengahnya. Selai yang saya gunakan itu topping selai botolan yang agak cair. Jadi ketika dipanggang jadi agak melebar. Tapi tetep enak kok.

Resep diambil dari belakang kemasan Nestle Cornflakes.

Bahan:
150 gram margarin (saya campur margarin dan mentega)
100 gram gula bubuk
1 butir telur
300 gram tepung sagu
42 gram susu kental manis / krimer
1/4 sdt esens anggur (saya ga pake)
1/4 sdt vanila bubuk
50 gram cornflake, tumbuk kasar

Topping:
100 gram selai blueberry
100 gram cornflake, tumbuk kasar

Cara Membuat:
- Kocok margarin dan gula bubuk selama 2 menit hingga menjadi krim. Tambahkan telur, susu kental manis, esens anggur, vanila bubuk. Kocok rata.
- Tambahkan tepung sagu dan 50 gram cornflakes, aduk rata menggunakan spatula.
- Tuang adonan ke dalam plastik segitiga dan semprotkan adonan hingga berbentuk lingkaran di atas cornflake hingga setiap kue bersalut cornflake. Letakkan pada loyang yang sudah dilapisi kertas kue. Gunakan adonan ekstra untuk menutup lubang.
- Panggang pada suhu 150 c hingga matang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar