Nastart Gulung Durian


Edisi kue lebaran idul fitri ketiga

Yuhuu ikutan demam nastart durian. Sebenarnya namanya bukan nastart durian kali ya. Harusnya durtart, kan ga ada nenasnya. Jadi kalau dibuat seperti yang saya buat itu namanya ya durtart gulung.

Karena mau praktis, saya bikin ga pakai selai durian tapi pakai lempok durian. Lempok durian merupakan camilan yang sangat mudah didapatkan di Pontianak. Jadi lempok duriannya saya potong kecil-kecil dan dipadatkan selebar gulungannya. Karena pake lempok durian, jadi ketika dipanggang, lempoknya menjadi agak kering. Nah.. kalau mau bikin versi asli selai durian tapi males bikin selainya bisa pesen dengan Mba Dian M Balqis.

Awalnya saya mau bikin versi bulat-bulat aja seperti nastart durian pada umumnya. Tapi karena liat Mba Ina Moulina Fajrin Isra bikin nastart gulung, saya jadi tertantang mau bikin juga. Karena ini pengalaman pertama saya bikin nastart gulung, alhamdulilah saya bisa dan ternyata ga sesulit yang saya bayangkan. Karena Mba Ina sudah terbiasa bikin nastart gulung, jadi ngegulung pake tangan pun tetep cuantek. Karena saya pemula, kalau langsung pake tangan, motif garisnya sering jelek. Jadi saya gunakan bantuan plastik es batu untuk ngegulung. Tutorial ngegulung nastart ala Mba Ina bisa dilihat disini. Untuk kali ini saya bikin pake motif roll tart yang 216.

Resep kulit nastart pake resepnya NCC Indonesia. Silakan klik disini untuk melihat resep kulit. Kata Mba Ina supaya ketika digulung ga pecah dikurangi takaran tepungnya. Tetapi karena saya gunakan terigu protein rendah, ketika dikurangi malah terlalu lembek. Jadi saya ikuti resep untuk takarannya. Saya bikin 3/4 resep kulit untuk 500 gram lempok durian. Masih ada sisa sedikit untuk kulitnya.

Yang sulit itu sebenarnya menyemir si nastart. Karena saya pakai kuas silikon, kalau mau ngekuasnya dengan rapi malah merusak motif nastartnya. Jadi saya asal aja ketika menyemir. Harap dimaklumi ya...

Kesimpulannya, saya puas dengan hasilnya. Kulit nastartnya langsung lumer di mulut. Berpadu padan dengan lempok durian. Hmm... benar-benar lezatos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar