Cookies Empat Warna


Gaya ya namanya cookies empat warna. Hihihi... saya cuma kepengen menantang diri aja bikin cookies ala-ala papan catur. Tapi ini versi sederhananya. Kalau papan catur kan motifnya 4x4. Kalau yang saya buat ini hanya 2x2 aja. Ternyata saya bisa. Sesuatu rasanyaaa.

Oh ya, kenapa dinamakan cookies empat warna?Karena saya belum dapat nama lain untuk kukis ini. Jadi boleh dong ya dikasi nama suka-suka saya.

Cookies ini saya modifikasi dari watermelon cookiesnya ncc. Silakan klik disini untuk melihat versi aslinya. Kelemahan dari pembuatan cookies ini adalah karena cookies ini dipotong panjang baru dilekatkan antara yang satu dengan yang lain, itu membuat kukis mudah patah ketika disatukan. Tapi bisa diakalin kok, pencet aja bagian yang patah tadi hingga tersambung lagi. *ajaran sesat ala saya*

Oh ya ketika memanggang pun harus waspada ya. Kukis ini jadi kurang cantik warnanya jika overbake. Pas saya bikin ini ada satu loyang yang overbake. Overbakenya itu di bagian bawah cookies sudah agak coklat muda. Belum gosong sih, tapi itu membuat warnanya jadi kurang cantik. Jadi kalau yang mau bikin, pastikan bagian bawah kue berwarna kuning keemasan supaya hasilnya bagus.

Bahan A:
200 gram mentega
130 gram gula bubuk
1 sachet susu kental manis
1 sdt vanilla pasta
2 butir kuning telur
1 butir putih telur

Bahan B
350 gram tepung terigu
40 gram tepung maizena
40 gram susu bubuk fullcream

Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat:
- Kocok bahan A hingga lembut dan rata, lalu tambahkan bahan B, aduk rata menggunakan spatula hingga tercampur rata.
- Bagi adonan menjadi empat bagian, beri pewarna, aduk rata hingga semua warna tercampur rata.
- Giling adonan setebal 5 mm, potong memanjang (jika memungkinkan, gunakan pegukur sehingga semua potongan sama besarnya), lakukan hingga semua adonan habis.
- Susun adonan membentuk kotak. Olesi tiap bagian yang akan menempel dengan putih telur. Lakukan hingga adonan habis.
- Simpan adonan di dalam kulkas selama 20 menit hingga adonan mengeras.
- Potong-potong setebal 5 mm. Oven hingga matang, lebih kurang 20 menit dengan suhu 130 C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar