Chicken Pilau


Chicken Pilau itu adalah salah satu makanan India yang sangat terkenal. Sekilas mirip dengan nasi ayam hainan ya. Saya pertama kali mencicipi chicken pilau itu ketika saya tinggal di daerah Jarwal, kebetulan di samping hotel kami ada yang menjual masakan ini. Jadi lumayan sering makan chicken pilau ketika disana. Tapi dulu itu saya ga tahu namanya chicken pilau.

Alhamdulilah serumah suka dengan chicken pilau ini. Laris manis. Yang pastinya agak efisien bagi saya. Jadi ga perlu masak lauk dan sayur lagi, hihihi. Emak emak malas ya. Yang agak disayangkan sepertinya saya mengukus nasinya kelamaan soalnya buncisnya jadi kelihatan ga segar lagi. Kalo ga lama ga mateng kan nasinya. Jadi kalau mau ngakalin supaya buncis terlihat cantik, 5 menit sebelum nasi mau selesai dikukus baru masukan buncis, aduk rata hinga semua buncis tercampur rata.


Resep diambil dari Tabloid Bintang Edisi 692. Resep di bawah ini full satu resep. Saya bikin 1/2 resep aja jadinya banyak. Cukup buat makan 2 kali kami sekeluarga. Karena saya ga suka bawang merah mentah, jadi untuk pelengkapnya saya ga pake.

Bahan:
60 ml minyak goreng
1 kg dada ayam, potong-potong berbentuk dadu 1 cm (sebelumnya saya rebus dulu ayamnya dengan daun salam biar mudah dipotong dan tidak bau amis)
3 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt jahe, cincang
1 sdt jinten
300 gram beras
2 buah kapulaga
2 buah cengkeh
750 ml air panas
100 gram baby buncis, iris serong
2 buah cabai merah, buang biji dan iris halus
1 sdt garam masala (saya gunakan garam biasa)

Pelengkap:
2 buah tomat, cincang kasar
6 butir bawang merah, cincang kasar

Cara Membuat:
- Panaskan minyak, tumis dada ayam hingga berubah warna dan kecoklatan. Masukkan bawang putih, jahe, dan jinten, masak selama 3 menit hingga layu. Masukkan beras, kapulaga dan cengkeh, aduk rata dan masak selama 2 menit. Tuang air panas, masak hingga airnya kering, masukkan baby buncis, cabai merah, dan garam masala, aduk hingga rata. Kukus selama 20 menit atau hingga matang, Angkat.
- Sajikan selagi hangat dengan pelengkap cincangan tomat dan bawang merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar