Cheese Ball


Edisi kue lebaran idul fitri yang pertama.

Asyik.. tahun ini ikutan demam cheese ball. Sebenarnya cheese ball ini sama dengan kastengel. Bahkan jika mau menggunakan resep kastengel andalan pun bisa, tinggal dibentuk bulat aja dan namanya pun menjadi cheese ball.

Ketika ncc ada keluarin resep cheese ball, untuk lebaran kali ini saya bikin juga. Tekstur cheese ball ini ngeprul. Langsung lumer ketika ada di dalam mulut. Ngeju sekali. Buat para cheese lovers, recomended deh.

Yang agak tricky itu ketika memanggang. Karena adonannya agak besar jadi ketika memanggang, awalnya saya kira sudah matang karena bagian bawah kue sudah coklat keemasan. Ketika dikeluarin dari oven, taruh di cooling rack, trus dites, eh rupanya belum mateng. Akhirnya susun lagi di loyang dan saya panggang ulang sampai benar-benar matang.

Resep saya ambil dari ncc indonesia.

Bahan:
400 gram margarin (saya gunakan 100 gram margarin + 300 gram mentega)
2 butir kuning telur
150 gram keju edam, parut
150 gram keju cheddar, parut
350 gram tepung terigu
50 gram susu bubuk
100 gram biscuit keju, haluskan, ayak (saya gunakan saltcheese dari roma)
250 gram biscuit keju, haluskan, untuk memanir (saya gunakan saltcheese dari roma)

Cara membuatnya:
- Kocok margarin dan kuning telur selama 5 menit, matikan mikser.
- Masukkan keju edam dan keju cheddar, aduk rata. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, dan 100 gr biscuit halus, aduk rata.
- Timbang adonan masing-masing 8 gr, bulatkan. Gulingkan pada biscuit halus. Letakkan pada loyang kue kering. Lakukan pada semua adonan.
- Panggang dalam oven selama 30 menit, pada suhu 160’C, atau hingga matang.
- Angkat, dinginkan, susun dalam toples.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar