Bacan Grip


Edisi kue lebaran idul fitri kelima

Pernah dengar kue bacan grip? Saya sering makan kukis ini tapi saya baru tahu namanya. Saya biasanya bilang kue abon atau kukis abon. Kue ini sangat familiar di Pontianak. Cetakannya cukup laris setiap tahunnya. Aslinya cetakannya itu dari stainless terus di tengahnya ada kayunya. Nah, kayunya itu yang untuk ngebolongin si kukis supaya bisa diisi abon. Kali ini saya bikin versi cetakan modern pake cetakan oval yang dari Malaysia kode 172. Ciri khas dari kue ini adalah bentuknya wajik, ada tengahnya yang diisi abon, dan disilang dengan potongan keju. Buat yang pernah lebaran di pontianak, pasti familiar dengan kukis ini.

Buat saya, abon di cookies ini kurang nendang. Kurang terasa gitu. Lebih dominan rasa kukernya. Tapi cukuplah buat mengobati kangennya saya.


Resep saya dapat dari Mba Desy Pujiantuty. Ceritanya, tahun lalu saya bikin kukis gulung abon. Sebenarnya pengen bikin kukis dengan gaya wajik ini. Tapi ga ketemu resepnya. Mba Desy yang akhirnya memberikan resep bacan grip yang beliau dapat dari temannya. Terima kasih ya Mba Desy dan Teman. Semoga sharingnya barokah.

Bahan:
100 gram margarin
100 gram mentega
50 gram gula halus
1 kuning telur
1 sdt emplex (saya ga pake)
Terigu secukupnya (saya gunakan 300 gram)
Abon secukupnya (untuk 2 resep, saya beli 100 gram abon masih ada sisanya)
Keju secukupnya, potong korek api

Cara Membuat:
- Kocok margarin, mentega, gula halus, dan telur dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata kurang lebih 2 menit.
- Tambahkan terigu, aduk hingga tercampur rata.
- Giling adonan, cetak dengan cutter, tata di loyang, oles dengan kuning telur, beri isian abon, beri keju yang dilintangkan.
- Panggang hingga matang.

2 komentar:

  1. Pagi mbak...
    saya suka baca blog nya banyak resep2 asyik disini,..kebetulan saya pengen banget pinter baking..paling gak buat suami n ortu hehehe.
    Ada yg mau saya tanyakan mbak, kegunaan emplex itu sebenarnya untuk apa ya?saya takut buat nambah2in bahan itu tapi sekarang banyak rsep yg pake emplex.kira2 bahaya gak. yg terakhir yg saya tanyakan apa ada pengganti emplex?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emplex itu perenyah kukis. Aman mba. Tapi akan jauh lebih aman kalau ga pake bahan tambahan pangan adiktif. Saya mulai mengurangi penggunaan bahan tambahan pada kue.
      Tanpa emplex pun kukernya akan baik-baik saja mba. Kalau rajin, terigunya disangrai dulu supaya tepungnya kering. Terigu yang disangrai ini punya tekstur mirip dengan emplex.

      Hapus