Puding Cake Strawberry


Puding cake ini saya buat untuk ulang tahun Ayah Kirana pada tanggal 8 April kemaren. Seperti biasa, lagi-lagi late post. Karena akhir-akhir ini ada kesibukan, jadinya tidak bisa dengan mudah mau edit foto maupun ngeblog. Bikin kue sih jalan terus, pemotretan juga jalan terus, tapi waktu senggang buat ngeblog itu yang sulit.

Ini eksperimen puding cake pertama saya.Udah lama tahu tentang puding cake tapi belum pernah bikin. Kebetulan ayah kirana pun ulang tahun, ya sekalian aja diuji coba. Alhamdulilah puding cakenya laris manis. Ayah Kirana dan Kirana juga senang dibikinin kue. Walau masih belum sempurna untuk membuat cake hias. Tapi cukup lumayan lah buat pemula seperti saya.

Kalau dilihat bagian atas buttercreamnya agak berantakan dikarenakan saya melakukan pencopotan selai di awalnya. Tulisannya ga bagus karena saya pakai selai botolan yang masih ada tekstur buahnya bukan selai paleta yang halus. Jadinya ya agak ngadat ketika ditulis.


Resep saya ambil dari Puding Cake Bluberinya Tabloid Saji Edisi 285. Satu resep ini aslinya pakai 1 loyang 20 cm dan 2 loyang 22 cm. Tapi saya gunakan satu loyang bongkar pasang diameter 18 cm tinggi 7 cm oke-oke aja hasilnya. Malah pas banget, hasilnya kecil tapi tinggi. Cakenya dibikin di satu loyang bulat 16 cm. Kemudian setelah matang dan dingin saya belah dua di bagian tengahnya. Loyang saya cuci dan keringkan. Kemudian saya gunakan lagi untuk diberi puding busa.

Bahan Cake
5 kuning telur
2 putih telur
1/2 sdt emulsifier
60 gram gula pasir
1/4 sdt garam
60 gram tepung terigu protein sedang
10 gram maizena
10 gram susu bubuk
65 gram margarin, dilelehkan
1/2 sdt pasta vanila
1/8 sdt pewarna ungu (harusnya pake pewarna merah, saya ga pake)

Bahan Puding:
400 ml susu cair
1 bungkus agar – agar bubuk
100 gram selai blueberi halus (saya gunakan selai strawberry botolan)
25 gram gula pasir
3 putih telur
1/4 sdt garam
1/8 sdt pewarna ungu (harusnya pake pewarna merah, saya ga pake)

Hiasan:
100 gram krim kocok (saya gunakan buttercream)
10 gram cokelat masak pekat, diserut halus (setelah diparut saya masukan ke freezer biar butirannya kaku)
50 gram selai bluberi (saya gunakan selai strawberry botolan)

Cara Membuat
- Cake: kocok telur, gula pasir, garam, dan emulisfier sampai mengembang. Masukkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk perlahan.
- Masukkan margarin leleh dan pasta vanila sedikit – sedikit sambil diaduk perlahan.
- Tuang ke dalam 2 loyang diameter 22 cm tinggi 3 cm yang dioles dan dialas kertas roti. (saya gunakan 1 loyang bongkar pasang diameter 18 cm dan hanya diolesi margarin, tidak dialas kertas roti)
- Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius 15 menit hingga matang.
- Masukkan selembar cake ke dalam loyang diameter 20 cm tinggi 7 cm yang dialas plastik. Sisihkan. (cake yang sudah matang saya bagi dua, loyang dicuci dan dikeringkan kemudian saya masukan lagi selembar cake, loyang tidak saya alasi dengan plastik)
- Puding, rebus susu cair, gula pasir, selai, dan agar-agar bubuk hingga mendidih. (selai masih akan menggumpal tapi tidak masalah, selai akan menghalus ketika dicampur dan dikocok dengan putih telur)
- Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
- Tuang rebusan susu cair sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan. Tambahkan pewarna. Aduk rata. Tuang di atas cake. Tutup cake. Bekukan.
- Oles seluruh permukaan cake dengan krim kocok. Coret-coretkan selai. Tabur sisi cake dengan cokelat masak pekat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar