Kue Kornet


Ketika bikin cookies cornet, saya jadi terkenang alm ibu saya. Dulu sekali ketika saya masih smp atau sma, ketika mau lebaran saya pernah beli kue kering yang ada kornetnya di salah satu toko roti di Pontianak. Pertama kali beli rasanya enak, terus tahun berikutnya saya beli lagi ditempat yang sama, rasanya beda. Ketika saya lihat di bukunya Demedia ada resep kue kornet, langsung saya cobain.

Rasanya memang belum sama dengan yang pernah saya makan. Cookiesnya enak, tetapi kelemahannya cookies ini sangat rapuh. Diambilnya mesti hati-hati karena kesenggol dikit aja langsung pecah. Tapi ketika dimakan langsung lumer di mulut.

Resep diambil dari bukunya Dewi Susilo – Kue Kering Praktis

Bahan:
275 gram tepung terigu
25 gram tepung maizena
¼ sdt baking powder (saya ga pake)
250 gram mentega
3 kuning telur
50 gram keju parut
200 gram kornet
½ sdt garam
2 kuning telur, untuk olesan

Cara Membuat:
- Campur tepung terigu, maizena, dan baking powder. Ayak, sisihkan.
- Kocok mentega, kuning telur, keju parut, kornet dan garam sampai merata. Masukkan campuran terigu ayak sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai merata. Siapkan loyang beroles margarin dan letakkan 1 sendok makan di atas loyang. (saya timbang @8 gram, bulatkan, taruh di loyang, tekan dengan garpu)
- Oles permukaan kue dengan kuning telur. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 160 C sampai matang. Angkat dan dinginkan. Simpan dalam stoples dan tutup rapat. (saya ga oles dengan kuning telur)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar