Bakpia Isi Kacang Hijau (LBT#31)


Baru kali ini saya ngumpulin pr LBT setelat ini. Maaf ya ibu ibu host. Sebenarnya bikinnya sudah seminggu yang lalu, tapi baru kali ini bisa duduk manis di depan komputer untuk mengetiknya. Akhir-akhir ini saya ada kesibukan, dan itu sangat menguras tenaga, harap dimaklumi ya ibu ibu host.


Ini pertama kalinya saya membuat bakpia. Bakpia itu ada bakpia basah dan bakpia kering. Kayaknya yang saya bikin ini versi bakpia kering karena ketika digigit, serpihannya jatuh kemana-mana. Bikin bakpia ini pun keroyokan. Karena bikinnya pagi, jadi banyak yang mau bantuin. Ayah Kirana bantu nimbang adonan a dan b. Nah.. Kirana juga ikut bantu ngegiling adonan a dengan caranya. Benar-benar kacau suasana di pagi itu. Untung aja bakpianya jadi dan bisa dimakan.


Resep saya ambil dari bukunya Budi Sutomo - Sukses Wirausaha Jajan Favorit.

Kumbu Kacang Hijau:
300 gram kacang hijau kupas kulit, rendam 2 jam, kukus, haluskan
175 gram gula pasir
100 ml santan kental
1 lembar daun pandan, potong-potong
1/4 sdt pasta (bubuk vanili)
1/4 sdt garam halus

Bahan Kulit A:
400 gram tepung terigu protein sedang
130 ml air es
110 ml minyak goreng
4 gram gula halus
½ sdt garam halus

Bahan Kulit B:
200 gram tepung terigu rendah protein (saya gunakan protein sedang)
130 gram mentega putih
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
- Kumbu kacang hijau: Campur semua bahan, aduk rata. Masak hingga berbentuk adonan yang kering dan kalis. Bentuk menjadi bulatan sebesar kelereng. Sisihkan. (saya timbang @8 gram)
- Kulit A: Campur tepung terigu, air es, minyak goreng, gula, dan garam. Uleni hingga kalis. Simpan di dalam kulkas selama 20 menit.
- Kulit B: Campur tepung terigu, air es, mentega, dan garam. Uleni hingga tercampur rata, diamkan di dalam kulkas selama 15 menit.
- Ambil 15 gram adonan A, bulatkan, dan pipihkan. Ambil 8 gram adonan B, bulatkan. Letakkan adonan B di atas adonan A, bulatkan. Giling adonan memanjang, gulung dan giling kembali menjadi bulat tipis.
- Letakkan bahan isi di tengah adonan yang telah ditipiskan, bentuk kembali menjadi bulatan, dan tekan membentuk bulat pipih. Lakukan seterusnya hingga adonan habis.
- Atur adonan di atas loyang beroles margarin. Panggang di dalam oven bertemperatur 190 C selama selama 20 menit atau hingga kue matang dan kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan.

Tips dari Mas Budi Sutomo:
- Jangan menggiling adonan bakpia terlalu tipis karena setiap lapisan akan menyatu sehingga kue tidak berlapis-lapis.
- Untuk variasi, isi bisa diganti dengan kumbu kacang merah.
- Mentega putih bisa diganti dengan minyak goreng. Santan juga bisa diganti dengan air. Penggunaan daun pandan juga bisa dihilangkan.

1 komentar:

  1. Cantik2 sekali mba bakpianya...saya baru belajar bakpia yg basah...mungkin lain x akan buat yg kering...^.^

    BalasHapus