Muffin Gurih

 
Ini pengalaman saya pertama kali bikin savoury muffin. Ga terlalu savoury sih buat saya. Base muffinnya tetep manis. Di dalamnya ditambahi smoked beef dan keju yang membuatnya jadi berasa gurih. Muffin gurih ini penuh dengan pipilan jagung, jadi kalau yang ga suka jagung, jagungnya bisa diskip. Muffin ini percobaan pengenalan Kirana dengan jagung pipil. Tapi sayangnya jagungnya disingkirkan. Keju, daging asap dan kue tetep dimakan.


Resep diambil dari buku Sisca Soewitomo – Kue Gurih Favourit. Satu resep ini bisa dapat 11 buah paper cup muffin ukuran sedang.

Bahan:
125 gram margarin
50 ml susu cair
2 butir telur
125 gram gula pasir
200 gram tepung terigu
½ sdt soda kue
1 sdt baking powder
20 gram keju parmesan bubuk (saya gunakan cheddar parut)
200 gram jagung manis pipilan rebus (saya pipil dulu baru dikukus)
2 lembar daging asap, iris
50 gram keju cheddar, parut (saya potong dadu)

Cara Membuat:
- Panaskan oven dengan temperature 200 C, siapkan loyang muffin diameter 6 cm, beri kertas cup, sisihkan. (saya gunakan suhu 180 C dan tidak menggunakan loyang muffin tetapi langsung ke papar cup khusus buat muffin)
- Cairkan margarin bersama susu cair, masak hingga mencair dan hangat, tidak sampai mendidih, angkat.
- Kocok telur dan gula hingga gula larut, tidak sampai berbuih banyak, masukkan tepung terigu, baking powder, dan soda kue, aduk rata.
- Masukkan margarin leleh, aduk rata. Tambahkan keju parmesan, jagung manis, daging asap, dan keju cheddar, aduk rata.
- Tuangkan ke dalam loyang hingga hamper penuh, panggang selama 20 menit hingga matang, angkat. Sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar