Ikan Kuah Santan


Ayah Kirana itu paling suka ikan yang dibuat seperti ini. Dimasak santan. Kirana juga suka. Ini adalah salah satu menu yang sering sekali saya buat untuk di rumah. Ikannya bisa menggunakan ikan apa saja. Bisa ikan kakap, tenggiri, nila, mas, gurame, bahkan kembung pun bisa. Tambahannya bisa tahu atau tempe atau keduanya. Saya buat versi tidak pedas. Jadi cabe cuma dipotong-potong dan dimasukan paling terakhir. Jika ingin buat versi pedas, tambahkan cabe yang agak banyak dan haluskan bersamaan dengan bawang merah dan bawang putih.

Bahan:
1 kg ikan, potong sesuai selera, bersihkan, beri air jeruk dan goreng hingga setengah matang (saya menggunakan ikan kakap merah)
10 buah tahu cina, potong empat, goreng hingga setengah matang
500 ml santan kental
5 buah cabe, potong sesuai selera
10 siung bawang merah, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan
4 lembar daun salam, robek-robek
4 lembar daun jeruk purut, robek-robek
1 batang serai, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
1 cm jahe, memarkan
Garam secukupnya

Cara Membuat:
- Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan daun salam, daun jeruk purut, serai, lengkuas, dan jahe, aduk hingga rata.
- Masukkan ikan dan tahu kemudian tambahkan santan kental, aduk hingga rata. Tambahkan air secukupnya hingga ikan tertutupi oleh kuah santan. Aduk terus searah hingga santan mendidih dan ikan matang. Matikan api kompor.
- Tambahkan garam, lakukan tes rasa. Masukkan cabe ke dalam ikan. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar