Fish Pie (LFP - Kreasi Pie)


Postingan pertama untuk La Femme Patisserie. Udah lama gabung tapi ga pernah bikin pr. Hiks...

Kali ini saya bikin pie ikan. Pie ikan ini hampir sama saja dengan pie ayam. Sama-sama pakai kentang, wortel dan keju. Yang membedakannya cuma pie ikan ini ya pasti pake daging ikan. Ikan yang dipake pun bisa ikan apa saja. Kali ini saya pake ikan tenggiri biar lebih mudah memisahkan tulangnya. Alhamdulilah, respon orang-orang rumah bagus banget. Pie ikannya laris manis.


Resep kulit pie saya saya ambil dari bukunya Mba Ike K Hermawan & Wulan Sucipto - Pastry & Pie Populer. Resep isian saya gunakan ala saya. Saya membuat 2 resep kulit untuk 1 resep isian.

Bahan Pie
250 gram terigu serba guna
1/2 sdt garam
125 gram mentega dingin (saya biarkan di suhu luar saja)
1 butir telur
1 sdm air es

Bahan Isi
2 potong ikan tenggiri, rebus dengan sedikit garam, potong dadu
1 buah kentang ukuran kecil, potong dadu
1 buah wortel ukuran kecil, potong dadu
1 buah bawang bombay ukuran kecil, iris halus
1 siung bawang putih
150 ml air kaldu
Garam secukupnya
2 sdt merica bubuk
1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
2 sdm minyak untuk menumis

Keju parut secukupnya untuk taburan.

Cara Membuat:
- Pie: Campurkan mentega, terigu dan garam, aduk hingga berbulir-bulir menggunakan pisau pastry / garpu. Tambahkan telur, aduk rata sampai adonan kalis. Tuang air dingin dan remas-remas kembali hingga adonan rata dan kalis. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik dan simpan dalam lemari es selama 30 menit. Ketika adonan pie disimpan di kulkas, kita bisa membuat isian.
- Isi: Panaskan minyak goreng, masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan daging ikan, kentang dan wortel, aduk sebentar. Tuangi air kaldu, aduk rata. Tambahkan garam dan merica bubuk, aduk rata. Biarkan hingga kentang dan wortel empuk. Tuangi larutan maizena, aduk hingga kental dan matang.
- Penyelesaian: Cetak adonan pie ke dalam cetakan pie. Panggang kulit selama 15 menit. Keluarkan kemudian beri isian dan tutupi dengan keju parut. Panggang di dalam oven hingga kulit pie matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar