Crisp Cashew Nut


Gara-gara postingan mba Mira di LBT saya jadi semangat mau nyobain juga. Apalagi mendengar komentar teman-teman yang mengatakan bahwa camilan keripik ini lagi in di surabaya. Jadi mesti dicobain dong ya. Aslinya menggunakan kacang almond yang diiris tipis. Tapi saya menggunakan kacang mede karena stok di rumah adanya kacang mede. Kenari atau kacang tanah yang diiris tipis juga bisa digunakan untuk campuran adonan.

Membuatnya ternyata ga sulit kok. Yang agak sedikit butuh trik itu ketika melepaskan kue yang sudah matang dari loyang. Awalnya, saya mencoba melepaskan kue menggunakan sutil dan kuenya pecah. Ketika dicoba dilepaskan dalam keadaan panas pun kuenya juga pecah. Sepengalaman saya membuatnya, kue ini harus dilepaskan dalam keadaan dingin dan cara melepaskan pun bukan dengan sutil (sendok kue) tetapi dengan cara menggeretakkan loyang kukernya sehingga kuenya terlepas dengan sendirinya dari loyang. Mirip seperti kita melepaskan es batu dari cetakan es batu. Jadi tidak bisa membuatnya menggunakan loyang kuker super tebal. Tetapi gunakan loyang kuker yang tebalnya biasa saja sehingga bisa digoyang-goyang. Saya tidak mengoleskan margarin pada loyang. Mungkin jika diolesi margarin, kue akan lebih mudah dilepaskan.

Resep saya contek dari Mba Mira Kusumawati. Mba Mira dapet resep dan instruksi membuatnya dari Youtube. Resep ini aslinya bernama Crisp Almond karena menggunakan kacang almond. Tapi karena saya menggunakan kacang mede, jadi saya namakan Crisp Cashew Nut. Keripik ini beneran enak lo. Apalagi ketika dipanggang vanilanya itu harum sekali. Satu resep ini jadinya ga banyak. Sayangnya kue ini ga tahan lama. Ga sampai sejam udah habis. Di resep aslinya kacangnya ga disangrai, tapi saya sangrai aja di dalam oven. Pas diovenin disempetin nyuci piring, eh.. kacangnya jadi terlalu coklat. Untung belum hangus. Walau ga merubah rasa, tapi kuenya jadi kurang cantik karena kacang yang mencoklat itu.

Bahan:
2 putih telor (60 gram)
50 gram gula pasir
40 gram terigu
25 gram margarine, dilelehkan
100 gram almond / mede / kenari, iris tipis (saya sangrai hingga agak kecoklatan)
Garam secukupnya
1/2 sdt vanila bubuk (di resep aslinya tidak ada)

Cara Membuat:
- Kocok putih telur, gula pasir, garam, dan vanila sampai berbusa.
- Masukkan terigu, aduk rata. Masukkan margarine cair dan almond, aduk rata.
- Cetak di loyang, pipihkan dengan punggung sendok.
- Panggang dengan suhu 150 derajat selama 12 menit, turunkan suhunya menjadi 130 derajat dan panggang selama 6 menit. (karena saya menggunakan otang, jadi saya gunakan suhu rendah, dan saya panggang hingga kecoklatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar