Cake Lapis Kukus Cokelat Keju


Inilah cake yang kelupaan dikasi tepung *tepok jidat*. Baru kali ini kejadian lupa memasukkan tepung ke dalam adonan, dan saya baru sadar 3 jam kemudian. Pas ngadon, menakar adonan yang mau dituang, mengukus, cuci perabotan baking, beres-beres, kuenya udah mateng terus didinginkan, udah difoto, udah dimakan pula, udah nyante-nyante juga, udah mandi, dannnn saya baru ingat bahwa kue ini belum dikasi tepung. Benar-benar lupa. Tepung masih ada di dalam ayakan tepung dan ditaruh di atas toples gula.

Pantesan ketika dikukus kok kuenya rendah sekali. Di resep menggunakan loyang 10X25X7 cm. Saya menggunakan loyang 16X16X6 cm. Kirain hasilnya rendah karena saya ngenyel pake loyang 16 cm. Ketika diicipin kok kuenya lembab. Ternyataaaa

Tanpa tepung pun kuenya enak kok. Apalagi kalau ada tepung. Kejunya berasa sekaliii. Mirip puding kukus keju. Ini adalah kue yang harus dicoba, dan yang pasti kuenya tanpa bahan tambahan. Jadinya pasti aman buat keluarga. Kue ini saya bikin untuk takjil Ayah Kirana buka puasa kemaren sore. Insya Allah nanti akan dicoba bikin lagi, tapi harus pake tepung.

Resep saya ambil dari bukunya Yeni Ismayani – Cake Lapis Panggang dan Kukus Ala Cake Shop Favorit

Bahan:
5 kuning telur
3 putih telur
125 gram gula pasir
60 gram tepung terigu (saya ga pake, lupaa, don't try this at home)
15 gram tepung maizena (ga pake juga, lupa lupa lupa)
12 lembar keju slice (saya pake 9 lembar)

Bahan I:
35 gram margarin, lelehkan
50 gram dark cooking chocolate, lelehkan

Bahan II:
35 gram margarin, lelehkan
50 gram keju parut

Cara Membuat:
- Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang. Masukkan tepung terigu dan maizena, aduk hingga rata.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian. Satu bagian diberi bahan I dan satu bagian lagi diberi bahan II, aduk rata.
- Tuang setengah bagian adonan keju ke dalam loyang ukuran 25X10X7 cm yang telah diolesi margarin, kukus selama 10 menit. Angkat, susun keju slice di atasnya.
- Tuang setengah adonan coklat, kukus kembali selama 10 menit. Angkat, susun keju slice di atasnya. Lakukan hal yang sama sekali lagi.
- Terakhir kukus selama 25 menit atau hingga matang. Angkat, keluarkan dari loyang. Potong-potong dan sajikan.

2 komentar: