Pastel Bakar


Bosan dengan kue muweh yang manis, jadi saya cobain membuat pastel bakar. Kirana lagi hangat badannya, makanya saya buatkan pastel bakar supaya Kirana agak lahap makannya. Alhamdullilah pastel bakarnya laris manis.

Karena saya agak ngenyel untuk menuangi adonan langsung di papercup sesuai dengan resep, saya coba dengan menuangkan adonan ke paper cup dan juga langsung di loyang. Yang di loyang saya olesi dulu dengan minyak. Ternyata setelah matang kalau langsung ke loyang, maka pastel bakarnya jadi lengket di loyang, makannya juga harus disendoki. Kalau adonan dituang ke paper cup maka adonan hanya akan sedikit menempel di paper cup. Kelemahan dari penggunaan paper cup untuk pastel bakar adalah paper cupnya menjadi agak basah, mungkin karena adonannya sebelum dipanggang berbentuk cair. Walau saya sudah menggunakan double paper cup, tapi tetap saja paper cupnya agak basah walau tidak robek.

Resep saya ambil dari bukunya Doddy Pamudji – Penganan Gurih Favorit Anak. Resep di bawah ini untuk satu resep. Saya buat ½ resep bisa dapet 21 buah. 10 buah menggunakan loyang pie mini. 11 buah saya gunakan loyang cupcake ukuran a.

Bahan:
2 siung bawang putih, cincang kasar
3 sdm minyak, untuk menumis
200 gram daging sapi, cincang (saya gunakan daging ayam yang sudah saya ungkep)
300 gram jamur kaleng, iris halus (saya ganti dengan bakso dan sosis)
150 gram wortel, potong dadu
150 gram kacang polong (saya ganti dengan buncis, potong dadu)
Garam secukupnya (saya ganti dengan kaldu bubuk)
3 sdm gula pasir (saya ga pake)
1 sdt merica bubuk
500 gram kentang, kukus, kupas haluskan (saya kupas dulu baru kukus)
350 cc susu cair
6 butir telur, kocok lepas

Cara Membuat:
- Tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging sapi, jamur, wortel, kacang polong, garam, gula, dan merica. Masak hingga matang dan kering.
- Campur kentang dengan tumisan di atas. Tuangi susu cair yang telah dicampur dengan telur, aduk rata.
- Masukkan adonan pastel ke dalam paper cup berdiameter 3 cm.
- Panggang dalam oven dengan suhu 160 C selama 25 menit hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan.
- Hias dengan sedikit saus tomat dan daun seledri di atasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar