Mendut


Aneh kan mendut yang saya buat. Harusnya mendut itu bulat-bulat seperti kelepon. Tapi saya malah berbentuk ga karuan. Mendut saya mengikuti lekuk daunnya. Cara ngelipet mendut yang benar itu gimana ya? Cuma dilipet kedua sisinya kebawah ya? Saya lipet mendut buatan saya seperti ngelipet naga sari. Maklum, di Pontianak ga kenal mendut. Jadi ga pernah liat mendut seperti apa, juga ga pernah nyicipin rasa mendut seperti apa. Bikin mendut pun cuma berbekal nekat, makanya bentuknya seperti ini. Untung rasa tidak berpengaruh terhadap bentuk. Cuma mengurangi nilai estetikanya saja.

Untuk isian mendut lebih baik dibuat 1 hari sebelumnya, pulung, kemudian simpan di lemari es. Jadi ketika mau bikin mendutnya, cuma bikin kulitnya saja.

Resep saya ambil dari Bukunya Nyonya Rumah – Kue Manis Indonesia. Resep di bawah ini untuk satu resep. Saya buat ½ resep bisa dapet 10 buah.

Bahan:
500 gram tepung ketan
Air panas secukupnya (untuk 125 gram tepung, saya beri air tidak lebih dari 100 ml)
Air daun suji secukupnya (saya gunakan pasta pandan)
Pewarna merah
½ sdt garam
Santan kental dari 1 kelapa (saya gunakan 50 gram santan bubuk instant + 150 ml air hangat)
Daun pandan, potong-potong
Daun pisang (saya layukan dulu di atas api kompor)

Untuk Isi:
1 butir kelapa, pilih yang muda, parut (saya beli di pasar untuk ½ resep 500 gram)
200 gula pasir
100 gram gula jawa
Garam secukupnya

Cara Membuat:
- Bagi tepung menjadi 2, sebagian beri air daun suji dan sedikit garam. Tuang air panas, uleni hingga adonan dapat dipulung.
- Sisa tepung, beri pewarna merah dan garam. Tuang air panas sambil diuleni hingga adonan dapat dipulung.
- Buat isi: tempatkan kelapa parut dalam wajan, beri gula pasir, gula jawa, dan garam. Tuang air secukupnya, masak hingga matang dan mengering.
- Ambil adonan yang berwarna hijau, bentuk bulat sebesar buah duku, lalu pipihkan. Isi dengan adonan isi, bulatkan lagi. Lakukan hal yang sama untuk semua adonan hijau maupun merah (saya timbang per buahnya 15 gram).
- Tempatkan satu buah buatan merah dan satu buah bulatan hijau di selembar daun pisang, beri potongan daun pandan. Siram 2 sdm santan kental, lalu tutup dan sematkan dengan lidi. Lakukan hal yang sama hingga selesai, kukus hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar