Cheese Biscuit (NCC Cheese Culinary Weeks)


Saya senang sekali ketika tahu bahwa NCC akan ngadain event lagi. Sempat jeda waktu lima hari dari gong yang dibunyikan oleh Ibu Fatmah Bahalwan sampai Ibu Host untuk week kali ini Mba Riri F Hasan mengumumkan pengumpulan setoran. Kali ini eventnya NCC Cheese Culinary Week. Kayaknya semua suka keju ya.. termasuk saya. Hehehe…. Mari kita setor.

Untuk setoran NCC Cheese Culinary Week ini, saya bikin Cheese Biscuit. Sebenarnya ini cuma kukis yang pake keju. Udah lama ga bikin kukis keju. Jadi untuk setoran kali ini saya bikin kukis. Karena udah lama ga makan kukis berkeju, Alhamdulilah kukisnya laris manis. Cuma dalam waktu 15 menit setelah pemotretan, biskuit keju hangat ini ludes kami makan bertiga.

Resep saya gunakan dari BBC Good Food. Aslinya bukan berbentuk seperti ini, aslinya dirolling kemudian dicetak dengan ring bulat. Bentuk cheese biscuit saya buat seperti ini terinspirasi dari Semolina Shortbread – Delia’s Cake. Jadi adonan saya bentuk di loyang bongkar pasang ukuran 16 cm (1 resep untuk 1 loyang), tekan dengan jari hingga rata. Rapikan bagian atasnya dengan penekan kue lapis. Panggang hingga setengah matang, keluarkan dari oven, lepaskan bagian tepi loyang, kemudian potong menjadi 8 bagian, tata di atas loyang, panggang kembali hingga benar-benar matang.


Bahan:
115 gram terigu serbaguna
55 gram keju cheddar, parut kasar (saya tidak parut, keju hanya dipotong-potong)
55 gram mentega tawar
1 kuning telur
Garam secukupnya
Lada hitam secukupnya
Paprika bubuk secukupnya (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Panaskan oven 180 C
- Campur tepung terigu, keju, dan mentega ke dalam food processor, aduk hingga tercampur rata. (karena tidak punya food processor, saya menggunakan tangan dan diaduk dalam mangkuk)
- Tambahkan garam, lada hitam, dan paprika bubuk.
- Tambahkan kuning telur dan campur hingga rata dan lembut.
- Tipiskan adonan hingga setinggi 8 mm dan potong biscuitnya.
- Letakkan biscuit di loyang anti lengket dan panggang selama 10 menit hingga kuning keemasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar