Es Pisang Gulung Hijau


Ini bukan es pisang hijau ya, tetapi ini es mirip es pisang hijau. Jangan salah ya.. Mirip kan?

Bikin es pisang gulung hijau ini gara-gara beli susu kental manis carnation terus dapet resep di balik labelnya. Ya mesti dicobain dong ya. Seperti biasa, jika dadar mendadar itu entah kenapa saya ga pernah bisa rapi ngegulungnya. Coba liat es pisang gulung hijau ini, dadarnya jadi berlepasan.

Resep saya ambi dari labelnya susu kental manis Carnation. Biasanya (di gambar resep juga) warna kulitnya berwarna hijau tua. Nah.. yang saya bikin aja nih warna dadarnya kemudaan. Oh iya, saya jadi ingat, saya malah belum pernah bikin es pisang hijau lo. Tapi kok ya sudah bikin tiruan es pisang hijau. Hihihi…. Resep di bawah ini untuk 1 resep saya bikin cuma ½ resep menggunakan 4 buah pisang. Karena saya ga punya wajan diameter 12 cm jadi saya menggunakan wajan 16 cm. Hasilnya dadarnya ga cukup, pisang keempat cuma bisa digulung 2 dadar (harusnya 3). Jika wajan yang digunakan agak besar, mungkin santan atau susu cair bisa ditambahkan ke adonan biar dadarnya cukup.

Bahan:
100 gram tepung terigu
50 gram tepung beras
2 butir telur
250 ml santan encer dari 1/4 butir kelapa (saya gunakan santan instant + air)
50 ml air daun suji dari 15 lembar daun suji (saya gunakan pasta pandan)
1/4 sendok teh garam

Bahan isi:
9 buah pisang raja utuh, kukus (saya gunakan pisang kepok)

Bahan kuah:
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam

Bahan pelengkap:
6 sendok makan susu kental manis
4 sendok makan sirup merah
400 gram es serut (saya gunakan es batu yang dipukul-pukul hingga halus)

Cara Membuat:
- Kulit, aduk rata tepung terigu, tepung beras, telur, santan, daun suji, dan garam sampai licin. (saya saring adonannya)
- Buat dadar tipis di wajan datar diameter 12 cm. Letakkan pisang. Gulung. Angkat. (saya gunakan wajan diameter 16 cm)
- Buat dadar lagi tipis. Letakkan gulungan pisang. Lakukan sampai 3 lapis.
- Kuah, rebus santan, daun pandan, dan garam sampai mendidih.
- Sajikan, pisang dengan dipotong-potong, disiram kuah santan dan pelengkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar