Easy Milo Cake


Entah kenapa tiba-tiba saja saya terpikir untuk membuat cake dari Milo. Kebetulan masih ada banyak sekali Milo yang dikasi sebagai oleh-oleh dari sepupu saya Kak Linda Karina . Karena ga pernah bikin cake dari Milo, jadi kepengen juga nyobain rasanya. Ketika googling, ternyata Milo itu termasuk ke dalam salah satu minuman dengan merek global dan pemposisian produk yang hampir sama di tiap negara. Hampir semua negara menjual minuman keluaran Nestle tersebut. Padahal kebanyakan produk global pemposisian produknya berbeda mengikuti budaya negara yang dimasuki oleh produk tersebut. Hebat sekali Milo itu.

Ketika googling, saya tertarik dengan resep dari ivillage. Soalnya resepnya mudah dan menggunakan milo dalam jumlah yang cukup banyak. Jadi pasti enak dong ya. Jadi kemaren pagi saya cobain bikin. Saya bikin 1 resep pake loyang bulat diameter 16 cm. Hasilnya jadi agak tinggi. Tekstur Easy Milo Cake mirip dengan tekstur muffin. Kuenya berat dan agak terasa basah di dalamnya. Coba lihat tekstur kue di fotonya. Itu bukan bantat atau belum matang ya, tapi memang seperti itulah teksturnya, benar-benar tekstur muffin. Karena bahan-bahannya ditambahkan susu cair serta tidak menggunakan bahan tambahan seperti emulsifier, maka teksturnya berat. Makannya juga bikin kenyang lo. Jika tidak ada atau tidak suka Milo bisa diganti dengan Ovaltine, atau minuman coklat malt lainnya. Berani coba?


Bahan:
80 gram mentega
1/2 cup gula castor (110 gram)
1 cup milo (170 gram)
2 cup tepung terigu (280 gram)
1 cup susu cair (240 ml)
2 butir telur

Cara Membuat:
- Panaskan oven dengan suhu 180 C.
- Kocok mentega dan gula castor sampai lembut dan mengembang. Tambahkan telur dan Milo, kocok hingga tercampur rata.
- Tambahkan tepung terigu dan susu, kocok lagi sampai tercampur rata.
- Masukkan adonan ke dalam loyang biasa atau loyang muffin yang sudah diolesi margarin. Jika menggunakan loyang biasa, panggang selama 30-40 menit hingga matang. Jika menggunakan loyang muffin, panggang selama 15-20 menit hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar