Pastel Tutup


Pastel tutup ini adalah potluck yang saya bawa untuk kopdar BKR wilayah pontianak hari sabtu tanggal 28 Desember 2013 kemaren. Yang dateng kopdar ada 6 orang. Mba Asri, Mba Widya, Mba Cici, Mba Yuni, Mba Anjas selaku tuan rumah, dan tentu saja saya sendiri. Mba Asri bawa potluck puding, Mba Widya bawa pie susu dan tart buah, Mba Cici bawa mie sagu, Mba Yuni bawa lemper, dan Mba Anjas nyediain sup sama asinan rujak. Seneng deh ketemuan dengan semuanya walau yang datang ga rame. Wilayah lain jika ada kopdar rame lo. Sepertinya pontianak kali ya yang paling sepi. Tapi yang pasti kami pulang dalam keadaan sangat kenyang dan masih bawa pulang makanan dari yang lain juga.

Udah lama sekali saya ga bikin pastel tutup. Saya dulu bukin pastel tutup ketika ada pr dari LBT. Dulu bikin pastup menggunakan resepnya Sajian Sedap dan Alm Chef Tatang. Sekarang bikin pastup menggunakan resepnya NCC. Saya baru tahu kalau NCC ada resep pastup. Ternyata pastupnya NCC mantep banget rasanya. Mungkin karena penggunaan daging giling yang bikin rasa dari pastup menjadi lebih gurih. Dulu saya bikin cuma dari sosis dan bakso, makanya rasanya jadi kurang nendang.


Resep diambil dari bukunya Bu Fatmah Bahalwan dan Tim NCC - 241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal.

Bahan:
500 gram daging giling (saya cuma gunakan 400 gram)
1 buah bawang bombai
2 siung bawang putih
1 kaleng jagung manis, tiriskan (saya ga pake)
300 gram kentang, potong dadu kecil
200 gram paprika, potong dadu kecil (saya ganti dengan wortel dan buncis)
350 ml kaldu (saya bikin dari air + 2 blok kaldu sapi)
1 sdt kaldu bubuk instant rasa daging sapi
1 sdm kecap inggris
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk (saya gunakan 3 sdt biar pedas)
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
3 sdm minyak, untuk menumis

Kulit
500 gram kentang, kukus, kupas, haluskan (saya kupas, kukus, haluskan)
4 sdm susu bubuk full cream (ga pake, lupa soalnya)
1 sdm mentega
100 gram keju cheddar parut, untuk taburan

Cara Membuat:
- Isi: panaskan minyak goreng, masukkan bawang bombai dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna. Tambahkan jagung, kentang, dan paprika, aduk rata. Tuangi kaldu, aduk rata, tambahkan garam, merica bubuk, kecap inggris, dan kaldu bubuk, aduk rata. Tuang larutan tepung maizena, aduk hingga kental dan matang. Angkat, tuang dan tata dalam pinggan tahan panas.
- Kulit: campur kentang halus dan susu bubuk hingga rata. Tutup di atas adonan daging, ratakan. Olesi mentega, taburi keju hingga rata. Panggang dalam oven selama 45 menit hingga berwarna kuning kecoklatan dan matang. Angkat.
- Sajikan selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar