Serabi Beras


Lama sekali serabi beras ini menjadi list daftar kue yang akan saya buat. Alhamdulilah tadi pagi kesampaian juga untuk membuatnya. Serabi beras ini adalah salah satu makanan kesukaan Almarhumah Ibu saya. Entah kenapa dulu saya kurang begitu suka dengan serabi. Mungkin karena serabi adalah makanan yang sangat tradisional, makanya dulu tidak begitu suka. Ini pertama kalinya saya bikin serabi, dan pertama kali juga makan serabi setelah empat tahun ini tidak pernah makan serabi.

Saya baru menyadari ternyata serabi hangat itu sangat nikmat rasanya. Serabi ini saya jadikan sarapan tadi pagi. Kirana rupanya suka juga dengan serabi.

Resep saya ambil dari Ibu Fatmah Bahalwan yang beliau posting di facebooknya. Aslinya serabi beras ini berwarna hijau. Tetapi saya kehabisan pasta pandan. Jadi saya bikin serabi berasnya berwarna putih. Serabi saya tidak mulus dibagian atasnya. Jadinya penampakan  serabinya menjadi kurang cantik.

Bahan:
200 gr tepung beras putih
1 sdt ragi instan
3 sdt gula pasir
560 ml santan encer
2 btr telur
1/2 sdt garam halus
2 sdm air pandan suji / 3 tetes pasta pandan (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Campur tepung beras, ragi instan dan gula pasir, aduk rata. Masukkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Saring bila perlu.
- Beri garam dan air suji, aduk rata. Diamkan selama 2 jam.
- Panaskan cetakan serabi atau cetakan pancake atau cetakan kue lumpur. tuang sampai 3/4 penuh, biarkan terlihat matang berlubang-lubang, tutup. Matangkan sempurna. Angkat.
- Buat kinca dari gula jawa, santan encer dan daun pandan, masak sampai mendidih dan gula larut. Saring.
- Sajikan serabi dengan siraman kuahnya.

2 komentar:

  1. ini list kue yang pengen saya buat juga, cuma belum punya cetakannya :)

    BalasHapus
  2. yuk dibikin mba ivonie. pake cetakan lumpur juga bisa kok.

    BalasHapus