Kuih Kosu


Kuih kosu disebut juga dengan kuih lompang. Kuih kosu ini adalah kue tradisional dari Malaysia. Saya pun mengenal kuih kosu beberapa waktu yang lalu dari salah seorang teman asal Malaysia yang beliau posting di facebooknya. Akhirnya setelah lama penasaran dengan bentuk kuih kosu yang bisa berlubang di tengahnya, saya membuat kuih kosu juga. Dan alhamdulilah kuih kosu yang saya buat bisa berlubang juga. Rasa kuih kosu itu sekilas mirip dengan kue talamnya indonesia tapi tanpa santan.

Resep saya contek dari Mama Kitchen - Makcik Manggis. Resep ini saya terjemahkan dari bahasa melayu ke dalam bahasa indonesia. Di resep aslinya menggunakan takaran cawan (gelas), saya konversi menjadi gram dan ml, kemudian saya kecilkan lagi menjadi 1/3 resep. Resep di bawah ini adalah 1/3nya dari resep asli. Total cairan sebelum dituang sekitar 450 ml. Saya bagi menjadi tiga bagian, masing-masing warna 150 ml, tiap warna bisa menghasilkan 7 buah cetakan talam ukuran kecil. Jadi totalnya 21 buah.

Saya kurang tahu, aslinya kuih kosu itu harusnya berwarna apa. Katanya sih bisa berwarna apa saja. Tetapi dari yang saya googling, banyak yang menggunakan warna merah, kuning, dan warna asli (putih). Jadi saya juga membuat menggunakan pewarna merah dan kuning. Buat saya, yang agak sulit yaitu ketika melepaskan kuih kosu dari cetakan talamnya. Saya gunakan pisau tipis untuk melepaskan bagian tepinya, tapi karena saya belum pengalaman, makanya kuih kosunya tidak mulus di bagian tepi.


Bahan:
120 gram tepung beras
23 gram tepung kanji
200 ml air
75 gram gula pasir
150 ml air
1 sdt air kapur
1 sdt esen ros (saya gunakan vanila susu)
pewarna merah dan kuning secukupnya
1/2 butir kelapa parut, kukus, beri sedikit garam, aduk rata

Cara Membuat:
- Panaskan dandang, masukan cetakan talam ke dalam dandang, beri serbet pada tutup dandang, biarkan hingga beruap banyak.
- Aduk rata tepung beras dan tepung kanji, tambahkan 200 ml air, aduk rata dan pastikan tidak ada yang menggumpal. Masukkan air kapur. Aduk rata.
- Masak gula pasir dengan 150 ml air hingga gula larut dan mendidih.
- Tuangkan air gula ke dalam campuran tepung, aduk rata. Masukkan esen ros (vanila)
- Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian beri pewarna merah, satu lagi warna kuning dan biarkan satu bagian lagi dengan warna asal (putih).
- Tuangkan ke dalam cetakan talam yang sudah dipanaskan hingga penuh. Kukus 25-30 menit hingga matang. Biarkan kue dalam keadaan dingin, baru keluarkan dari cetakannya.
- Hidangkan dengan kelapa parut.

Catatan:
Untuk membuat kuih kosu ini berlubang di tengahnya, pastikan cetakan harus dalam keadaan panas sebelum adonan dituang ke cetakan. Tuang langsung ke cetakan yang ada di dandang. Jangan angkat cetakan ke luar dari dandang untuk mengisi adonan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar