Chocolate Rice Cookies


Kirana lagi seneng-senengnya ngemil kukis, makanya saya mesti sering bikin kukis supaya ada stok makanan di rumah dan di toko ketika kirana kepengen ngemil. Kukis kan bisa lama disimpan, makanya jadi salah satu camilan kirana selain kerupuk.

Kali ini saya bikin Chocolate Rice Cookies alias Kukis Beras Coklat alias Kukis Meises. Saya ada stok sisa meises yang lumayan banyak di kulkas. Meises ini sebenarnya sisa bikin Milo Doggie Cookies waktu jaman lebaran idul fitri kemaren. Saya dulu beli meises sekantong besar. Udah dijadiin isian roti tawar juga tapi tetap aja masih bersisa banyak. Akhirnya saya teringat dengan resep Chocochips Cookies yang pernah diposting oleh Mba Nina Agustina. Mba Nina dapet resep ini dari Mba Renny, salah satu LBTers juga. Di resep asli pake chocolate chips, nah.. karena saya mau memberdayakan meises, makanya chocolate chips saya ganti dengan meises. Cantik juga kan kukisnya dikasi meises.


Bahan :
300 gr butter / margarin
120 gr gula pasir halus
2 kuning telur
340 gr tepung terigu protein rendah atau sedang
50 gr maizena
50 gr susu bubuk full cream
150 gr chocolate rice / meises


Cara Membuat :
- Panaskan oven 140'C, oles tipis loyang dengan margarin.(saya tidak olesi dengan margarin, saya alasi dengan kertas roti)
- Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan (saya aduk juga dengan chocolate rice)
- Kocok butter dan gula pasir halus sebentar saja asal rata. Masukkan kuning telur dan mixer kembali sebentar asal tercampur rata.
- Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu / spatula hingga tercampur rata.
- Masukkan chocochips, aduk rata.(tidak lakukan ini)
- Ambil adonan kurang lebih sebanyak 1 sdt, pulung dan tata di loyang. Tekan adonan perlahan dengan menggunakan garpu. Lakukan hingga adonan habis.(saya timbang setiap adonan seberat 8 gram)
- Panggang hingga berwarna kecoklatan dan matang.
- Angkat dan dinginkan di atas cooling rack baru kemudian dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar