Kue Pisang


Kue pisang ini juga dikenal dengan nama roti pisang. Kue ini merupakan salah satu jajanan banjarmasin. Ibu saya yang orang asli orang banjarmasin sering mengatakan ini martabak pisang. Dulu waktu puasa ketika saya hamil kirana, di jalan apel ada yang menjual kue ini tapi cuma beberapa hari aja dan langsung tutup karena kurang laku. Jadi selama itu saya ga pernah makan lagi. Saya kira yang dulu saya makan itu adalah lumpur pisang, sampe akhirnya waktu ngobrol di whattsapp dengan mba dida ternyata menemukan namanya bukan lumpur pisang melainkan kue pisang yang dicetak menggunakan cetakan lumpur.

Berhubung di rumah saya lagi panen pisang nipah, maka saya uji coba dengan membuat kue pisang. Kurang oke sepertinya menggunakan pisang nipah karena kurang harum. Jadi sebaiknya pilih pisang yang baunya sangat harum.

Bahan :
250 gram terigu protein sedang
125 - 150 gram gula, menyesuaikan kemanisan pisang
2 gelas (450 ml) santan, rebus dengan 1/4 sdt garam dan 2 lembar daun pandan, dinginkan (saya gunakan 2 bungkus santan bubuk @ 50 gram ditambah air hangat dan tidak saya rebus lagi)
1/2 sdt vanili bubuk
50 gram susu bubuk fullcream
2 butir telur, kocok lepas
75 gram margarin lelehkan
5 - 7 buah pisang, belah memanjang menjadi 4, lalu potong-potong kecil
Bila suka bisa memakai kismis yg dipotong-potong kecil

Cara Membuat :
- Ayak tepung dan susu, lalu campur dengan gula pasir dan vanili, aduk rata, sisihkan.
- Campur santan, telur dan margarin leleh sampai rata, tuang kedalam campuran tepung, aduk rata sampai halus memakai whisk atau mixer kecepatan rendah.
- Masukkan potongan pisang, aduk rata, diamkan 30 menit.
- Panaskan cetakan kue lumpur, beri sedikit margarin, lalu tuang adonan 3/4 tinggi catakan, lalu tutup.
- Bila sudah 3/4 matang beri kismis, tutup lagi sampai matang.
- Kalau sudah matang lalu balik kue, sehingga bagian atas juga ikut kering atau ada efek kecoklatan.
- Angkat, lalu sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar