Talam Pandan Kelapa Parut


Rasanya sudah lama sekali saya tidak membuat kue talam. Mungkin sekitar 2 tahun-an saya tidak pernah membuatnya. Kangen juga sama jajanan yang satu ini. Jadi tadi pagi saya uji coba membuatnya.

Resep saya ambil dari buku Dapur Lestari 101 Kue Nusantara. Saya buat 1/2 resep bisa dapat 22 buah kue dengan menggunakan cetakan talam ukuran kecil.

Bahan:
150 gram tepung beras
100 gram tepung sagu
2 sdt air kapur sirih
600 ml santan dari 1 butir kelapa (saya gunakan santan instant + air)
1/2 sdt garam
225 gr gula pasir
2 sdm air daun suji (saya gunakan pasta pandan)
1/4 butir kelapa setengah tua, parut halus memanjang, kukus 15 menit (saya gunakan sedikit kelapa kering yang saya siram dengan sedikit air panas, biarkan sekitar 30 menit hingga kelapa melunak)

Cara Membuat:
- Panaskan cetakan kue talam dalam dandang kukusan.
- Campurkan tepung beras, tepung sagu, air kapur sirih dan 300 ml santan. Aduk rata.
- Masak 300 ml santan sisanya. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak dengan api sedang hingga mendidih.
- Masukkan larutan tepung secara bertahap sambil terus diaduk. Tambahkan air daun suji. Aduk rata dan terus masak hingga adonan matang. Angkat.
- Tuang adonan ke dalam cetakan kue talam hingga hampir penuh.
- Kukus kue talam selama 25 menit atau hingga matang.
- Keluarkan kue dari cetakan dan sajikan dengan taburan kelapa parut.

Catatan:
- Jangan lupa tutup dandangnya dikasi serbet ya.
- Di poin empat yaitu "masukkan larutan tepung secara bertahap sambil terus diaduk. Tambahkan air daun suji. Aduk rata dan terus masak hingga adonan matang. Angkat" saya modifikasi sedikit. Karena kalau itu dilakukan (biasanya di bagian bawah panci akan timbul kerak dari tepung-tepungan dan adonan akan menggumpal.
- Jadi saya membuatnya dengan cara adonan tepung beras dan tepung sagu saya masukan ke dalam santan yang sudah dimasak dan api kompor dimatikan, tambahkan pasta pandan, kemudian aduk hingga semua adonan tercampur rata, baru lanjut lagi ke poin lima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar