Pacri Nenas

 
Sudah lama sekali saya tidak makan dan tidak masak pacri nenas. Soalnya kalau buat pacri nenas, di rumah saya tidak ada yang mau makannya. Cuma saya aja yang makan. Yang lain mungkin merasa aneh apabila nenas dijadikan sayur. Andai saja mereka tahu apabila yang namanya pacri nenas itu enak rasanya.

Resep saya gunakan dari Almh Ibu Sabariah (ibu saya). Karena sudah lama tidak bikin, jadi harus menggali kembali kenangan lama. Mudah-mudahan resepnya tidak ada yang kelewat dari yang saya ingat.

Bahan:
1 buah nenas ukuran sedang, kupas, potong kipas
5 butir bawang merah, diiris tipis
2 butir bawang putih diiris tipis
2 buah cabai merah, haluskan
air secukupnya
2 butir cengkeh
1 butir kapulaga
1 buah pekak
1 ruas kayu manis
1 sdm kari bubuk
2-3 sdm gula merah (tergantung selera) 
garam secukupnya
1 buah terong asam/terong dayak, potong menjadi beberapa bagian
500 ml santan

Cara Membuat:
- Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah hingga harum kemudian tambahkan air secukupnya.
- Masukan nenas, masak hingga setengah layu, tambahkan cengkeh, kapulaga, pekak, kayu manis, kari bubuk. Masak hingga nenas menjadi layu.
- Tambah gula merah, garam, terong asam, aduk-aduk hingga semua tercampur rata.
- Tuang santan, aduk terus hingga santan mendidih dan kuah mengental, angkat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar