Amplang


Amplang dikenal hampir di seluruh kalimantan. Kalimantan Timur dan Kalimanatan Tengah menyebutnya dengan kerupuk amplang, Kalimantan Selatan menyebutnya kuku macam karena dibentuk seperti kuku macan. Kalimantan Barat mengenalnya dengan amplang. Amplang ini banyak mudah ditemukan di kota saya. Sering dijadikan oleh-oleh juga buat para wisatawan yang datang ke pontianak. Kalau di pontianak ada yang berbentuk kecil-kecil seperti yang saya buat dan ada juga yang bentuknya memanjang seperti sosis. Yang paling sering dijual di toko-toko itu yang berbentuk kecil-kecil. Yang bentuknya memanjang seperti sosis, sudah jarang ditemui. Saya sendiri lebih suka yang kecil-kecil seperti ini, kalau yang panjang susah makannya.

Kali ini saya uji coba membuat amplang. Kepengen bikin amplang gara-gara ada Ibu yang buat amplang datang ke toko nyari cetakan kukis buat nyetak amplang. Aslinya amplang ini tidak dicetak, Ibu penjual amplang mau buat amplangnya sedikit berbeda dari amplang pesaing dengan membuat amplang bermotif bunga. Jadi, kami pun mengobrol sambil cerita-cerita tentang resep amplang. Karena untuk jualan, Ibu itu memberikan resep dengan menggunakan tepung kanji yang sangat banyak. Karena saya kurang sreg dengan resep yang menggunakan banyak tepung kanji, jadi saya coba-coba googling dan menemukan resep yang menggunakan sedikit kanji. Resep saya contek dari Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Timur. Saya modifikasi resepnya dan saya konversi menjadi ukuran yang lebih kecil lagi.

Bahan:
500 gram daging ikan tenggiri, berishkan tulangnya, kemudian dicincang halus
250 gram tepung kanji
Garam secukupnya
2 butir telur ayam, kocok lepas
1 bonggol bawang putih, haluskan

Cara Membuat:
- Campur dengan daging ikan, tepung kanji, garam, telur ayam, dan bawang putih sehingga menjadi adonan yang menyatu.
- Bentuk memanjang seperti sosis, potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil sesuai selera.
- Goreng amplang dengan minyak yang banyak, aduk-aduk agar tidak gosong, angkat bila sudah matang, tiriskan.
- Apabila sudah dingin, masukan ke dalam wadah kedap udara.

4 komentar:

  1. Hemmmmm...yummiiiiii
    Enak tu kyanya. makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mas Wisnu. Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
    2. mf nih numpang lewat..aku cb tp blm bs je..tdk mekar

      Hapus
  2. gimana cara nggorengnya mbak ? aku panasaran , anaku pnah dpt oleh2 cuma mau buat blm bs tuh. / .from ning

    BalasHapus