Kue Obi


Kue Obi juga dikenal dengan nama Bola-Bola Ubi. Buat yang tinggal di Bandung pasti sering menjumpai yang namanya kue obi dijajakan di pinggir jalan. Di kota saya, di Pontianak, kue obi ga ada yang kenal. Bahkan saya juga baru tahu ada kue yang namanya kue obi ketika ada NJTIW beberapa bulan yang lalu. Wajar dong ya kalau saya ga tahu, kan di Pontianak ga ada yang jual.

Setelah sekian lama kue obi berada dalam waiting list kue yang akan saya buat, akhirnya tadi pagi berhasil juga saya eksekusi si kue obi. Ternyata rasanya enak lo, lembut. Ayah Kirana suka, tapi Kirana kayaknya kurang suka soalnya tadi kue obinya dilepehin sama Kirana.

Menurut google, kue obi warnanya coklat tua. Tapi kok yang saya buat warnanya cuma kuning ya. ada apa gerangan? Dari beberapa sumber yang saya intip di google, sepertinya kue obi yang warnanya coklat tua, itu diberi gula merah atau ada juga yang dalemnya diisi dengan gula merah. Nah.. karena ini kue obi pertama yang saya makan, jadi saya juga kurang paham dengannya. Saya buat yang tanpa tambahan gula merah maupun yang diisi dengan gula merah.
 

Resep saya contek dari Mas Joko di NCC Jajan Tradisional Indonesia Weeks.

300 gram ubi jalar, kukus, haluskan ketika masih panas (saya gunakan blender)
50 gram gula pasir
50 gram maizena (saya ganti tepung kanji)
1 sdm susu bubuk
Vanila dan garam secukupnya

Cara membuat:
- Aduk semua bahan hingga rata, jika adonan dirasa masih lengket di tangan, tambahkan lagi tepung kanji hingga adonan kalis.
- Bentuk bola-bola.
- Goreng hingga berwarna kuning keemasan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar