White Cake


Akhirnya saya buat juga yang namanya White Cake. White Cake sudah lama wara wiri di dunia perfesbukan dan grup BKR. Tapi baru kali ini saya kesampaian untuk membuatnya. Kebetulan ada sisa putih telur yang menganggur selama beberapa hari ini di kulkas, jadi putelnya saya berdayakan untuk dibuat White Cake. Bagi yang ga punya putel bisa menggunakan telur utuh ukuran sedang. 1 butir telur sedang dianggap sekitar 50-60 gram. Jadi silakan dikira-kira saja ya.

Oh iya sebenarnya White Cake yang saya buat ini agak bantat. Lihat deh bagian atasnya seperti tsunami. Mungkin karena putih telur yang saya gunakan udah ga segar lagi, makanya hasilnya kurang maksimal. Waktu pengocokan udah bagus, putih dan kental, entah kenapa hasil akhirnya kurang memuaskan. Tapi ga masalah, kue tetep bisa dimakan dan tentu saja enak. Rasanya pun juga mirip rasa bolu kukus.


Resep saya contek dari Mba Nina Naura Cakes. Resep di bawah ini full. Saya bikin hanya 1/2 resep menggunakan loyang 20x20x4 cm.

Bahan :
225 gr gula pasir
250 gr tepung terigu protein sedang
200 ml putih telur
100 ml minyak sayur
1 sdt emulsifier
1/4 sdt vanili
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
42 gr susu kental manis (1 sachet)
5 gr susu bubuk
100 ml air * Larutkan susu kental manis & susu bubuk nya dalam 100 ml air *
Kismis (saya ga pake)

Cara membuat :
- Kocok semua bahan dengan mixer hingga putih, lembut dan mengental seperti adonan bolu kukus.
- Tuang adonan ke dalam loyang yang di dasar nya sudah di taburi kismis.
- Kukus selama -+ 40 menit.
- Angkat, balikkan perlahan dan dinginkan.

Catatan:
- Sebelum mulai mengocok, dandang sudah harus dipanaskan terlebih dahulu, jadi ketika adonan sudah masuk ke loyang, dandang sudah dalam keadaan beruap. Jangan lupa tutup dandang diberi serbet supaya air tidak menetes ke kue. Api kompor tidak boleh besar.
- Apabila menggunakan loyang besi, bagian bawah loyang diberi margarin, kemudian alasi dengan kertas roti. Setelah itu tidak perlu diolesi margarin lagi. Kalau menggunakan loyang plastik, beri minyak atau margarin di bagian dalam loyang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar