Lumpur Tape Yogurt Keju (IDFB#12)


Ini adalah setoran saya untuk idfb#12. Untuk kali ini idfb bekerjasama dengan Omar Niode Foundation dan Heavenly Blush. Jadi challenge kali ini harus menggunakan bahan dasar singkong dan yogurt. Ide memakai bahan dasar singkong ini dicetuskan oleh pihak Omar Niode Foundation kepada idfb untuk ikut berpartisipasi merayakan Singkong Day tanggal 7 Oktober. Singkong Day merupakan salah satu upaya untuk mendorong masyarakat memanfaatkan kembali pangan lokal di Indonesia sebagai kekayaan bangsa yang selama ini terabaikan. Pemanfaatan pangan lokal akan meningkatkan ketahan pangan sekaligus meningkatkan diversifikasi pangan di Indonesia. Singkong Day pertama kali di perkenalkan oleh 5 Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia pada tahun 2012. (http://singkongday.wordpress.com/ )


Awalnya saya agak kesulitan mau buat apa karena benar-benar tidak ada ide. Dari awalnya mau pake singkong asli, tapi bingung mau bikin apa karena harus dicampur dengan yogurt. Terus kepikiran juga mau bikin cake dengan tepung mocaf, yogurtnya mau dipake sebagai pengganti sour cream, tapi karena stok tepung mocaf lagi kosong, batal deh bikin cake dengan menggunakan tepung mocaf. Sampai akhirnya ide muncul ketika saya bersemedi dan memutuskan untuk menggunakan tape. Awalnya pengen bikin cake, tapi kepikiran lagi kalo ini kan indonesia foodblogger, jadi member diharapkan membuat kue indonesia. Akhirnya pilihan pun jatuh pada kue lumpur. Karena kue lumpur milik Indonesia.

Resep saya modifikasi dari Kue Lumpur Tape Keju Sajian Sedap. Untuk resep, saya modifikasi kentang dengan singkong, kemudian susu cair dengan yogurt, dan cara membuatnya saya modifikasi juga. Mangapa saya memilih kue lumpur tape keju? Karena di dalam imajinasi saya, rasa asam yogurt paling cucok jika disandingkan dengan tape. Rasa kue yang menggunakan campuran tape dan yogurt pasti tidak akan membuat lidah terlalu kaget dengan rasanya. Nah.. ketika proses eksekusi kuenya dimulai, ternyata beneran enak sodara-sodara. Bener-bener ga nyesel deh bikin kue lumpur tape yogurt keju. Ayah kirana aja bilang beneran enak, bahkan Kirana yang berusia 2 tahun pun juga doyan. Saya yakin, yang bikin kue lumpurnya tambah enak pasti karena pake yogurt dari Heavenly Blush.


Bahan:
75 gram singkong, dikukus, buang tengahnya
125 gram tape singkong, buang tengahnya
160 gram gula pasir
275 ml yogurt Heavenly Blush
4 butir telur, kocok lepas
1/8 sendok teh garam
50 gram margarin
175 ml air
185 gram tepung terigu protein sedang

Bahan Taburan:
50 gram keju cheddar, potong dadu

Cara membuat:
- Haluskan singkong, tape, gula pasir, yogurt, telur, dan garam dengan cara diblender hingga halus. Sisihkan dan biarkan di dalam blender.
- Panaskan margarin dan air sambil diaduk sampai mendidih. Matikan api.
- Masukkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Nyalakan api. Aduk sampai kalis. Angkat dan dinginkan.
- Masukkan campuran tepung terigu dan margarin, ke dalam blender, Blender kembali hingga halus.
- Tuang adonan di dalam blender ke gelas ukur untuk memudahkan penuangan adonan ke cetakan.
- Panaskan cetakan kue lumpur kemudian tuang adonan kedalam cetakan kue lumpur, beri keju. Masak sampai matang lalu angkat.

Catatan:
- Cetakan lumpur harus dipanaskan terlebih dahulu, cetakan tidak perlu dioles dengan margarin. Coba tes dengan sedikit adonan. Apabila ketika adonan dituang berbunyi mendesis, itu artinya cetakan sudah siap untuk digunakan.
- Gunakan api yang sangat kecil supaya kue matang merata
- Karena saya menggunakan cetakan takoyaki, maka saya membagi tiga kali menuang adonan. Sekali tuang sekitar 6-7 lubang. Hal ini supaya matengnya kue tidak bersamaan jadi ada waktu untuk mengambil kue yang sudah matang dan menuang adonan baru.
- Buat yang sudah biasa membuat lumpur kentang, jangan kaget ya dengan lumpur tape yogurt keju. Tekstur lumpur tape yogurt keju lebih kenyal jika dibandingkan lumpur kentang karena penggunaan singkong di adonan. Lumpur tape yogurt keju juga tidak berwarna cerah seperti lumpur kentang pada umunya. Hal ini dikarenakan penggunaan yogurt Heavenly Blush yang berwarna pink tua ikut mempengaruhi kecerahan warna kue. Ketika matang pun harus menunggu hingga kulit lumpurnya berwarna lebih kecoklatan baru bisa diangkat. Kalau belum terlalu coklat, kue akan hancur ketika diangkat.

4 komentar:

  1. Aaahhh kebayang enaknyaaa...duh..

    Makasi utk partisipasinya ya Mba..keren!

    Regards,
    Indonesian Foodblogger group

    BalasHapus
  2. Keren....keren.... :)
    Biasa pake kentang sekarang pake singkong ! Thanks udah ikutan di challenge ini yaaa. Sukses.

    BalasHapus