Sagu Keju Trio

 
Sebenarnya saya kepengen bikin kue yang belum pernah saya buat sebelumnya untuk lebaran kali ini. Tapi dari awal puasa suami ngomongin sagu keju mulu, hampir tiap hari ngomongin sagu keju. Akhirnya saya mengalah, tadi malam saya buat juga si sagu keju dengan tampilan yang agak beda. Biasanya (hampir selalu) saya membuat sagu keju dilingkarin. Tapi untuk lebaran kali ini saya bikin yang berwarna warni.

Resep masih menggunakan resep sagu keju NCC yang sudah pernah saya posting sebelumnya. Spuit saya gunakan diva no 19, pas kecilnya kalo dispuitin tiga kuntum bunga gini.


Bahan:
300 gr tepung sagu (sagu tani)
2 lbr daun pandan
100 gr margarine
50 gr mentega
150 gr gula halus
1 btr kuning telur
100 gr keju edam
50 ml santan kental

Cara membuat:
- Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat,dinginkan.
- Oven dipanaskan dengan api kecil (sekitar 160 C).
- Kocok margarine dan mentega hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata, tambahkan kuning telur, kocok rata.
- Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
- Bagi / timbang adonan menjadi 3 bagian. Beri warna pada adonan. Aduk rata. Lakukan hal yang sama pada adonan yang lain.
- Masukkan adonan kedalam plastik segitiga. Pake double untuk piping bagnya (plastik segitiga) plastik pertama untuk adonan, plastik kedua untuk spuit, plastik adonan ntar masuk ke plastik spuit.
- Spuit adonan di atas loyang yang tidak diolesi apapun.
- Oven hingga matang.

Tips agar sagu keju bagus dan tidak melebar ketika dipanggang:
- Menambahkan santan mesti hati-hati karena setiap merek tepung sagu berbeda kadar penyerapan cairannya. Jadi jangan menuangi santan sekaligus. Masukan sedikit, aduk rata. masukan sedikit lagi aduk rata. Lakukan hingga mencapai konsistensi yang diinginkan. Saya menggunakan sagu tani merek merbabu dan saya menggunakan santan hanya sekitar 30 ml saja (di resep harusnya 50 ml)
- Hati-hati dengan pemanggangan karena sagu keju tidak lama memanggangnya. Cara mengetes sagu keju sudah matang dengan melihat warna keju parut di dalam kue. Apabila kejunya sudah mulai kecoklatan, maka sagu keju sudah bisa dikeluarkan dari oven. Ketika menggunakan tambahan pewarna makanan seperti ini mesti lebih waspada karena jika pemanasan terlalu lama maka warna kue akan cenderung butek dan tidak cantik lagi.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar