Cake Kukus Mambo Mocca


Hari kamis kemaren di rumah saya arisan rt. Biasanya arisan diadakan tiap sabtu sore di minggu pertama tiap bulan. tapi karena dikhawatirkan hari sabtu sudah sibuk mau masak untuk puasa, akhirnya arisan dialihkan ke hari kamis. Arisan kali ini saya bikin bolu kukus mambo, tahu telur puyuh, dan talam ubi ungu. Hanya kue yang sederhana aja, tapi semuanya saya bikin sendiri. Nah.. saya akan posting satu-satu tentang kue yang saya buat.

Kue pertama adalah bolu kukus mambo mocca. Ini kali kedua saya membuat bolu kukus mambo. Bolu kukus mambo pertama yang saya buat versi wana-warni. Karena khawatir ibu-ibu di rt ada yang anti dengan food coloring, jadi saya buat yang versi mocca. Sempat ga pede juga waktu nuang pasta mocca karena aroma kopi langsung terasa. Alhamdulilah ketika cake kukusnya sudah jadi, aroma kopi dari mocca udah ga kecium lagi. Dan ibu-ibu serta anak-anak juga senang menikmatinya.

Karena waktu udah sangat mepet, saya hanya bisa mengambil beberapa kue saja untuk difoto. Itupun mendung. Jadi hasil fotonya blur semua. Saya udah tunggu sampai satu jam, cuaca pun masih mendung, bahkan tambah gelap. Jadi dengan penerangan seadanya saya saya foto juga.


Resep diambil dari buku NCC yang 60 Resep Cake & Cookies Anti Gagal

Bahan:
6 butir telur utuh
2 butir kuning telur
250 gram gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt cake emulsifier
175 ml santan kental
200 gram Tepung terigu protein sedang
Pasta / pewarna sesuai selera

Cara Membuat:
- Siapkan loyang 20x20x8 cm, poles margarin, beri alas kertas roti (kertas roti juga menutupi bagian dinding loyang), di kertas roti tidak perlu dioles lagi dengan margarin.
- Panaskan dandang kukusan, tutupi tutup dandang dengan kain lebar, biarkan beruap banyak.
- Kocok telur, gula pasir, garam, cake emulsifier dan vanili hingga mengembang dan kental. Masukkan tepung terigu sambil diayak secara bertahap, aduk rata.
- Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
- Timbang adonan sebanyak 250 gram, beri pasta mocca, aduk rata. Masukan ke dalam loyang dan kukus selama 10 menit.
- Timbang adonan kedua sebanyak 250 gram, biarkan polos (putih), tuang adonan di atas adonan mocca, ratakan dan kukus selama 10 menit.
- Timbang adonan ketiga sebanyak 250 gram, beri pasta mocca, aduk rata, tuang adonan di atas
putih, ratakan dan  kukus selama 10 menit.
- Timbang adonan keempat sebanyak 250 gram, biarkan polos (putih),
tuang adonan di atas adonan mocca, ratakan dan kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat.- Dinginkan, keluarkan dari loyang, potong-potong.
- Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar