Telur Gabus


Saya buat telur gabus ini beberapa hari yang lalu (hari sabtu kemaren) dan baru sekarang sempet uplodnya. Bahkan telur gabusnya pun ludes pada hari yang sama dengan saya buat oleh kirana dan ayah kirana. Kirana suka sekali dengan telur gabus. Berkali-kali minta dibukain toples tempat isi telur gabus. Ingat telur gabus jadi ingat masa kecil saya. Dulu almh tante hamsah (kakak dari almh ibu saya) sering buat telur gabus kalau mau lebaran. Seingat saya, saya masih sd pada waktu itu. Kami sering bilang ini "kue daki" karena dipilin di tangan makanya daki (kotoran tak tampak) yang ada di tangan juga ikut ke dalam camilan ini. Dan daki itulah yang menjadikan telur gabus bisa seenak itu.

Inspirasi untuk buat telur gabus datang dari mba hesti yang juga posting telur gabus. Resep yang saya gunakan juga resep yang diposting oleh mba hesti. Udah lama saya ga buat telur gabus. Makanya langsung semangat ketika ada postingan si telur gabus. Walau buatnya itu sesuatu sekali, milinin si telur gabus yang butuh waktu ekstra. Untuk satu resep ini saya butuh waktu sekitar 2 jam untuk milinnya, tapi ga milin doang, sekalian masak juga. Jadi lumayan lah senam jari.


Resep saya contek dari mba hesti yang beliau dapet dari Majalah Sedap

Bahan:
3 butir telur
25 ml air
1 1/4 sdt garam
150 gr tepung sagu tani
75 gr tepung maizena
50 gr tepung terigu protein sedang
100 gram keju cheddar parut
minyak untuk menggoreng
15 gram bumbu keju siap pakai (saya juga ga pake)

Cara Membuat:
- Kocok lepas telur, air, dan garam.
- Tuang ke campuran tepung sagu, maizena, dan terigu yang sudah diayak. Aduk rata.
- Masukan keju parut, aduk rata dengan tangan.
- Pilin kecil, lalu masukan ke dalam wajan berisi minyak dingin. Lakukan sampai lumayan banyak.
- Nyalakan api sedang. Goreng sampai kering dan matang. Angkat dan tiriskan minyaknya.
- Hilangkan panasnya dan taruh dalam wadah kedap udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar