Bolu Koja

Akhirnya saya coba juga membuat bolu koja (telat ya). Teman-teman yang lain pasti sudah terlebih dahulu mencoba bolu koja. Bolu koja sudah lama masuk dalam list yang akan saya bikin. Tapi selalu tertunda (maksudnya tiba-tiba malah buat kue yang lain). Bolu koja = bolu kojo. Bolu ini berasal dari palembang, makanya pelafalan orang palembang ya memang begitu.

Saya masih penasaran dengan hasilnya. Teman-teman yang lain membuat bolu koja cenderung basah, tapi kok saya malah mirip bolu biasa. Rasanya mungkin sama dengan bolu koja teman-teman yang lain tapi teksturnya aja yang beda. Ketika pertama kali saya mencicipinya, rasa dan aroma santan sangat terasa, tekstur cake lembut, mirip cake kukus tapi versi panggang. Waktu pemanggangan pun sekitar 2 jam (dengan otang), tapi hal ini wajar karena menggunakan steam bake. Mungkinkah teksturnya jadi mirip cake karena ketika proses pemanggangan, saya lupa cek air? Jadi ketika proses pemanggangan sudah hampir selesai, saya cek airnya, ternyata airnya sudah hampir kering.

Resep saya gunakan dari Mba Dessy Melvinasari

Bahan:
5 kuning telur
3 putih telur
150 gram gula pasir
200 gram terigu sebaguna
2 sachet susu kental manis
300 ml santan kental (saya gunakan 200 ml santan instan + 100 ml susu cair)
1 sdt pasta pandan

Cara Membuat:
- Kocok kuning telur + putih telur + gula pasir sampai putih kental berjejak, kemudian kecilkan speed mixer ke speed yang paling rendah (saya matikan miksernya).
- Masukan bergantian terigu serbaguna, susu kental manis dan santan kental. aduk rata.
- Tambahkan pasta pandan. aduk rata.
- Panggang dengan cara au bain marie 175°C sekitar 45 menit (tergantung jenis oven ya karena tiap oven pasti beda).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar